Yamaha_detail

Mahasiswa Unwir Dalami Jurnalistik , Mengunjungi Graha Pena Radar Cirebon

Mahasiswa Unwir Dalami Jurnalistik , Mengunjungi Graha Pena Radar Cirebon

BELAJAR JURNALISTIK: Mahasiwa Universitas Wiralodra Indramayu melakukan kunjungan ke Graha Pena Radar Cirebon, Senin (20/6).-KHOIRUL ANWARUDIN-

CIREBON – Guna mendukung salah satu pembelajaran mata kuliahnya, mahasiswa-mahasiswi Program Studi Pendidikan dan Sastra Indonesia Universitas Wiralodra (Unwir) Indramayu mengunjungi Graha Pena Radar Cirebon, Senin (20/6). Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa diajak untuk mengenal bagaimana cara kerja menjadi seorang jurnalis dan bagaimana berita dan informasi yang menarik diproduksi.

Sebelum melakukan tour office, para mahasiswa diberikan sejumlah materi terkait jurnalistik dan manajemen media oleh Pimpinan Redaksi RCTV Imam Bukhori dan Redaktur Radar Cirebon Iman Sudarman. Para mahasiswa juga mendapatkan sejumlah tips untuk menjadi jurnalis yang baik, benar dan bertanggung jawab.

Setelah itu, mereka juga berkesempatan untuk berkeliling ke sejumlah titik. Mulai dari Studio Kaliandra, Redaksi RCTV, Studio Program RCTV, percetakan, hingga Redaksi Radar Cirebon.

Dosen Pengampu Mata Kuliah Jurnalistik, Nana Triana Winata Ss MPd menuturkan, kunjungan tersebut sengaja dilakukan sebagai bagian dari program praktikum menulis berita dan feature. Selain mendapatkan materi terkait jurnalistik, mereka juga mendapatkan materi langsung dari praktisi yang bekerja di bidang jurnalistik.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Bantah Ada Hubungan Keluarga, Begini Klarifikasinya Tiara Marleen

“Kami melihat, Radar Cirebon ini merupakan media terbesar di wilayah Ciayumajakuning. Sehingga, dengan kunjungan ini, mahasiswa agar lebih mempersiapkan diri di dunia industri kerja. Misal menjadi editor atau wartawan,” tutur Nana kepada Radar Cirebon.

Nana berharap, dengan adanya kunjungan ini, bisa memberikan pengetahuan baru bagi para mahasiswa. Para mahasiswa juga dapat menerapkan teori yang telah didapat dan dilihat secara langsung untuk kemudian dibawa sebagai bekal mereka saat sudah lulus nanti.

“Harapanya juga, mereka semakin terbuka mengenai profesi mereka. Selain menjadi guru atau tenaga pengajar, mereka juga dapat terjun ke dunia jurnalistik dengan menjadi jurnalis atau editor,” imbuhnya.

BACA JUGA:Sapi Tanah

Sementara itu, salah seorang mahasiswa, Amanatul Maula mengaku senang dengan adanya kegiatan tersebut. Ia menilai, kunjungan langsung ke Radar Cirebon dapat memberikan banyak sekali ilmu dan pengalaman yang berharga terkait dengan dunia jurnalistik.

“Ini juga menjadi pengalaman baru bagi kita. Anak-anak bahasa yang tentunya tertarik banget dengan dunia jurnalistik,” pungkasnya. (awr/adv)

BACA JUGA:Siap-siap Kena Dua Pasal ! Polisi Ungkap Peran Penanggung Jawab Pesta 'Bungkus Night'

 

Sumber: