Anwar Usman Mundur dari Ketua Mahkamah Konstitusi

Anwar Usman Mundur dari Ketua Mahkamah Konstitusi

Anwar Usman--

Radarindramayu, JAKARTA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dan Wakil Ketua MK harus mundur dari jabatannya karena MK menyatakan Pasal 87 huruf a UU MK bertentangan dengan UUD 1945.

Walaupun harus mundur dari jabatan Ketua MK dan Wakil Ketua MK, keduanya tetap sebagai hakim konstitusi hingga habis masa jabatannya.

“Menyatakan Pasal 87 huruf a UU 7/2020 bertentangan dengan UUD 1945,” kata Ketua MK Anwar Usman saat membacakan putusan, Senin (20/6).

Pasal 87 huruf a berbunyi:

Hakim konstitusi yang saat ini menjabat sebagai Ketua atau Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi tetap menjabat sebagai Ketua atau Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi sampai dengan masa jabatannya berakhir berdasarkan ketentuan undang-undang ini.

BACA JUGA:Ridwan Kamil Bantah Ada Hubungan Keluarga, Begini Klarifikasinya Tiara Marleen

Ketua MK Anwar Usman dan Wakilnya, Aswanto, akan tetap mengisi jabatan hakim MK. Sebab, perubahan masa jabatan hakim MK adalah hak pembentuk UU.

Meski begitu, dijabarkan Hakim MK Enny Nurbaningsih saat membacakan putusan, ketua dan wakil ketua akan tetap menjabat sampai dipilih nama pengganti.

“Namun demikian, agar tidak menimbulkan persoalan/dampak administratif atas putusan a quo, maka Ketua dan Wakil Ketua MK yang saat ini menjabat dinyatakan tetap sah sampai dengan dipilihnya Ketua dan Wakil Ketua MK sebagaimana amanat Pasal 24C ayat 4 UUD 1945,” terangnya.

BACA JUGA:Sapi Tanah

“Oleh karena itu, dalam waktu palinglama 9 bulan sejak putusanini diucapkan harus dilakukan pemilihan Ketua dan Wakil Ketua Mahkamah Konstitusi,” sambung Enny.

Putusan di atas tidak bulat. Hakim MK Arief Hidayat dan Manahan Sitomul mengajukan dissenting opinion. Sedangkan Saldi Isra mengajukan concuring opinion.

Adapun perubahan masa jabatan hakim dari periodisasi 5 tahunan menjadi tanpa periodisasi selama 15 tahun/pensiun di usia 70 tahun, konstitusional. Pasal ini berlaku juga untuk hakim MK yang masih menjabat saat ini. Pasal 87 ayat b berbunyi:

Hakim konstitusi yang sedang menjabat pada saat Undang- Undang ini diundangkan dianggap memenuhi syarat menurut Undang-Undang ini dan mengakhiri masa tugasnya sampai usia 70 (tujuh puluh) tahun selama keseluruhan masa tugasnya tidak melebihi 15 (lima belas) tahun.

Masa jabatan Anwar Usman berakhir sampai 6 April 2026 dan Aswanto sampai 21 Maret 2029. (len)

BACA JUGA:Siap-siap Kena Dua Pasal ! Polisi Ungkap Peran Penanggung Jawab Pesta 'Bungkus Night'

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: