Penyakit Jantung Bisa Dihindari, Dokter Spesialis Berikan Caranya

Penyakit Jantung Bisa Dihindari, Dokter Spesialis Berikan Caranya

Ilustrasi. Cara hidup sehat untuk menghindari penyakit jantung.-Foto: Envato-

RADAR INDRAMAYU - Penyakit jantung bisa menyerang kepada siapa saja, bertambahnya umur dan pola hidup kurang sehat, menjadi pemicu utama.

Tren saat ini, penyakit jantung bisa menyerang semua kalangan, di usia produktif dan gemar melakukan olah raga, tidak menjadi acuan terbebas dari penyakit jantung.

Sudah saatnya, pola hidup sehat dan memperhatikan waktu berolah raga yang disesuaikan dengan umur mulai diterapkan saat ini.

Dikutip dari GenPi.co, Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah, dr. Badai Bhatara Tiksnadi mengajak masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

BACA JUGA:Cegah Penularan Cacar Monyet (Monkeypox), Begini Caranya...

"Kunci agar terhindar dari penyakit jantung adalah Perilaku Hidup Sehat CERDIK (Cek kesehatan teratur, Enyahkan rokok, Rajin olahraga, Diet seimbang, Istirahat cukup, dan Kendalikan Stres)," katanya di Jakarta, Minggu (29/5/2022).

Badai menjelaskan seiring dengan bertambahnya usia, maka fungsi tubuh juga mengalami penurunan termasuk organ jantung dan pembuluh darahnya.

Penyakit jantung merupakan ancaman dunia dan merupakan penyebab kematian nomor satu di seluruh dunia.

Data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebutkan lebih dari 8,9 juta orang di dunia meninggal akibat penyakit jantung dan pembuluh darah.

BACA JUGA:Wajib Dicoba! Cara Cerdik Menagih Utang Tanpa Ribut-ribut

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) di Indonesia tahun 2018 menunjukkan bahwa populasi orang di atas 65 tahun yang mempunyai sakit jantung sebesar 4.6 persen.

Badai berpesan agar setiap orang tetap aktif bergerak dan rutin berolahraga setiap hari demi menjaga kesehatan dan tetap bugar meski sudah menua kelak.

"Olahraga juga harus dilakukan secara bijak sesuai dengan batasan tubuh. Hindari olahraga berat tanpa ada persiapan," tuturnya. (antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: genpi.co