Siapa Sangka! Pemain Top Eredivisie Pasang Bendera Indonesia di IG Miliknya, Pertanda Bisa Dinaturalisasi?

Senin 28-10-2024,04:52 WIB
Reporter : Rafly W
Editor : Rafly W

Pertanyaan berikutnya, apakah benar Ryan Flamingo bisa menjalani naturalisasi bersama PSSI, sehingga ia bisa jadi seorang WNI, apakah bisa diproses?

Merujuk pada aturan FIFA Statuta 9 ayat 2A, yang di dalamnya mengatur perihal perpindahan federasi dan kewarganegaraan pemain baru, aturan ini merupakan patokan paling utama.

"Diturunkan dalam pertandingan pada kondisi resmi di tingkat manapun (dengan pengecualian tingkat internasional A) dalam jenis sepakbola apapun untuk asosiasinya saat ini" bunyi aturan tersebut. 

Kompetisi A itu adalah pertandingan sepakbola dalam skala dan cakupan yang besar misalnya seperti Piala Dunia, Piala Eropa, Piala Asia, Copa America, dan Liga Negara.

BACA JUGA:Tim Geypens dan Dion Markx Siap Jalani Naturalisasi untuk Piala Asia U-20, PSSI: Februari Sudah Siap!

Merujuk data dari Transfermarkt, Ryan Flamingo pernah mengoleksi 7 caps bersama Belanda U21, yang pertama kali debut pada 12 Oktober 2023.

Berdasarkan sumber yang sama, rupanya Ryan hanya pernah turun pada laga Kualifikasi kelompok U21 dan pertandingan persahabatan, yang bukan kategori dari kompetisi Grade A.

Berarti Ryan Flamingo tentu sudah Eligible, jika merujuk dari statistik yang belum pernah main di kompetisi Grade A. Sekadar informasi, Ryan mempunyai darah campuran Belanda, Indonesia, dan Suriname di dalam tubuhnya. 

Kategori :