Warga Papua Belajar Tentang Perikanan ke Kabupaten Indramayu

Warga Papua Belajar Tentang Perikanan ke Kabupaten Indramayu

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Indramayu, Edi Umaedi menerima kunjungan rombongan dari Papua-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Sektor perikanan Kabupaten Indramayu memang tak diragukan lagi, dan menjadi daerah penyumbang produksi perikanan terbesar di Provinsi Jawa Barat.

Bahkan Indramayu juga berhasil dalam realisasi program peningkatan ekonomi bagi nelayan. Tak heran jika Kabupaten Indramayu menjadi tempat studi tiru dari berbagai daerah.

Setelah  sebelumnya dari  Diskanla Provinsi Jawa Timur datang ke Indramayu dalam rangka studi tiru permodalan usaha penangkapan ikan bagi nelayan,  sebagai upaya peningkatan kesejahteraan nelayan.

Kali ini Diskanla Kabupaten Indramayu kedatangan tamu dari warga Bumi Cenderawasih , Selasa 14 Maret 2023. Mereka terdiri dari pelopor maupun tokoh pemuda Papua dan unsur pemerintah. Mereka datang ke Indramayu dalam rangka Studi Tiru Terkait Perikanan Tangkap, Budidaya Ikan, Tambak Garam, Pengolahan Hasil Perikanan dan Pembuatan Pakan Mandiri.

 BACA JUGA:Syarat Naik KA Jarak Jauh Masih Belum Berubah, Usia 18 Tahun Ke Atas Wajib Vaksin Booster

BACA JUGA:Baru Empat Bulan Ditinggal Istri, Pria Asal Bandung Ditemukan Meninggal Gantung Diri

Kepala Diskanla Kabupaten Indramayu,  Edi Umaedi mengatakan,  menjadi kehormatan tersendiri bisa menjalin silaturahmi langsung dengan saudara dari Papua dalam upaya sama-sama mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya bagi nelayan.

“Alhamdulillah menambah saudara dan saling berbagi pengalaman,”  tuturnya.

Edi Umaedi menjelaskan, selain studi tiru perikanan tangkap, budidaya ikan, tambak garam, pengolahan hasil perikanan dan pembuatan pakan mandiri. Tamu dari Papua ini mengunjungi tempat produsen olahan perikanan yakni kerupuk ikan Kota Mangga.

“Studi tiru kegiatan , perikanan tangkap, budidaya ikan, tambak garam, pengolahan hasil perikanan dan pembuatan pakan mandiri. Juga kegiatan pengolahan hasil perikanan (kerupuk ikan) yang disinergiskan dengan budidaya perikanan memanfaatkan limbah olahan ikan,” terangnya.

 BACA JUGA:Ono Surono Pastikan Hasil Padi Petani Indramayu Terserap Bulog Dan Padi Varietas Borang Tersertifikasi

BACA JUGA:Operasi Pekat Lodaya 2023, Minuman Keras dari Warungnya di Leuwimunding Majalengka Disita Polisi

Edi juga menjelaskan,  nelayan Indramayu khususnya dari Desa Karangsong rata-rata dalam mencari dan menangkap ikan itu hingga Perairan Papua dengan menempuh perjalanan yang tak lama.

Nelayan Indramayu khususnya Desa Karangsong juga banyak yang melakukan aktivitas penangkapan ikannya di sekitar perairan Papua,” tambahnya.

Dikatakan, Pemkab Indramayu akan selalu menerima tamu dari daerah manapun dalam melakukan studi tiru sebagai bentuk persaudaraan terlebih bersama-sama belajar bagaimana terus berupaya menyejahterakan para nelayan.

Edi Umaedi menambahkan,  saat ini kepemimpinan Bupati Indramayu Nina Agustina melalui program yang digagasnya dalam visi Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat) dan Misi Sapta Nata Mulia Jaya telah memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya menyasar kepada nelayan.

 BACA JUGA:Heboh Guru SMK Cirebon Dipecat Setelah Kritik Gubernur Jawa Barat, Begini Tanggapan Ridwan Kamil

BACA JUGA:Belasan Anjal Diamankan Mapolsek Jatibarang

“Alhamdulillah Pemkab Indramayu melalui Kebijakan Ibu Bupati 99 program prioritasnya sangat mendukung pembangunan perikanan, terbukti dari 99 program 14 program adalah untuk pembangunan perikanan dan kelautan,” ujarnya.(oet)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: