Heboh Guru SMK Cirebon Dipecat Setelah Kritik Gubernur Jawa Barat, Begini Tanggapan Ridwan Kamil

Heboh Guru SMK Cirebon Dipecat Setelah Kritik Gubernur Jawa Barat, Begini Tanggapan Ridwan Kamil

Ridwan Kamil saat mengapresiasi pelajar di Tasikmalaya yang patungan beli sepatu teman sekelas. Foto:-@ridwankamil-Instagram--

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Heboh berita guru SMK di Cirebon dipecat setelah kritik Ridwan Kamil di media sosial mendadak ramai.

Pada postingan terbarunya di Instagram hari ini, Rabu 15 Maret 2023, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merespons pemberitaan guru SMK yang dipecat setelah mengkritik dirinya di media sosial.

Dalam keterangan tersebut, Ridwan Kamil mengaku kaget setelah mengetahui ada guru SMK yang dipecat setelah mengkritik dirinya.

"Sudah ribuan kritik masuk dan selalu saya respon dengan santai dan biasa saja," kata Ridwan Kamil dalam keterangan unggahannya di Instagram @ridwankamil.

BACA JUGA:Kakek 63 Tahun Jadi Bandar Togel, Akhirnya..

BACA JUGA:Pelajar Tewas, Korban Tabrak Lari di Jalur Pantura Eretan

Nah, untuk mengetahui seperti apa pernyataan lengkap Ridwan Kamil, berikut ini petikannya.

"1. Seorang pemimpin harus terbuka terhadap kritik walaupun kadang disampaikan secara kasar. Sudah ribuan kritik masuk, dan selalu saya respon dengan santai dan biasa saja. Kadang ditanggapi dengan memberikan penjelasan ilmiah, kadang dibalas dengan bercanda saja.

2. Mungkin karena yang melakukannya posting kasar adalah seorang Guru, yang postingannya mungkin dilihat/ditiru oleh murid-muridnya, maka pihak sekolah/yayasan untuk menjaga nama baik insitusi memberikan tindakan tegas sesuai peraturan sekolah yang bersangkutan.

3. Karenanya setelah berita itu hadir, saya sudah mengontak sekolah/yayasan, agar yang bersangkutan untuk cukup dinasehati dan diingatkan saja, tidak perlu sampai diberhentikan.

4. Apapun itu, di era medsos tanpa sensor ini, Kewajiban kita para orangtua, guru dan pemimpin untuk terus saling nasehat-menasehati dalam kabaikan, kesabaran dan selalu bijak dalam bermedsos. Agar anak cucu kita bisa hidup dalam peradaban yang lebih mulia.

BACA JUGA:Didukung Maju Pilgub Jabar 2024, Ini Profil Ono Surono

BACA JUGA:Waspada! Peredaran Narkoba Terus Menyasar ke Desa-desa. Dari Obat Keras, Sabu Hingga Ganja

Demikian yang bisa saya sampaikan."

Nah, pernyataan resmi Ridwan Kamil yang diposting di Instagram itu ternyata untuk merespons pemberitaan guru SMK di Cirebon yang dipecat baru-baru ini.

Disebutkan bahwa, guru SMK di Cirebon ini dipecat setelah melancarkan kritik kepada Ridwan Kamil lewat kolom komentar di Instagram.



Seperti diberitakan Kompas.com, guru SMK di Cirebon menggunakan akun Instagram sabilfadhillah menulis di kolom komentar dengan lugas.

Dia mempertanyakan kapasitas Ridwan Kamil ketika memberikan apresaiasi kepada sejumlah siswa di Tasikmalaya yang patungan membelikan sepatu untuk teman sekelas.

"Dalam zoom ini, maneh teh keur jadi gubernur jabar ato kader partai ato pribadi @ridwankamil???? ("Dalam zoom ini, kamu jadi gubernur atau kader partai atau pribadi)" demikian tulis Sabil.

"@sabilfadhillah ceuk maneh kumaha (menurut kamu gimana)?" jawab Ridwan Kamil.
Karena itu, Gubernur Jawa Barat itu merasa perlu memberikan klarifikasi.

Menurut Ridwan Kamil, seorang pemimpin harus terbuka terhadap kritik. Namun demikian, suami Atalia Praratya tak menampik banyak kritik disampaikan dengan cara kasar.

BACA JUGA:Mau Perpanjang SIM? SIM Keliling Hari Ini Ada di Polsek Jatibarang

BACA JUGA:Bupati Nina Serahkan Laporan Keuangan Pemkab Indramayu Kepada BPK RI Perwakilan Jabar

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: