Mantap! Ahmad Yani Terima Anugerah Naratama Wiyata Mandala dari Keraton Kacirebonan

Mantap! Ahmad Yani Terima Anugerah Naratama Wiyata Mandala dari Keraton Kacirebonan

Ahmad Yani menerima penghargaan-Abdullah-radarcirebon.com

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Kiprah DR H Ahmad Yani MAg sama bidang pendidikan dan ke masyarakat tidak perlu diragukan lagi. Dalam bidang pendidikan, Ahmad Yani mengajar dan IAIN Syekh Nurjati Cirebon, bahkan menjadi Ketua Lembag Penelitian dan Pengabdian Masyarakat. Tidak hanya itu, Ahmad Yani juga aktif bidang masyarakat khususnya keumatan dengan menjadi ketua Attaqwa Center yang diembannya selama ini. Dengan tangan dinginnya, Attaqwa berkembang menjadi masjid maju, dan masyarakat sering menjadikan masjid attaqwa sebagai masjid yang membuat betah dan tujuann masyarakat melakukan wisata religi ke Kota Cirenon.

Sebagai Ketua LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon Dr H Ahmad Yani, MAg  menerima  anugerah NARATAMA WIYATA MANDALA Bidang Pendidikan dan Kemasyarakatan dari Sultan Kacirebonan Pangeran Abdul Ghani Natadiningrat, SE. Penyerahan anugrah tersebut bersama pada acara milad Keraton Kacirebonan ke 215, senin, 13 Maret 2023.

Pemberian tanda kehormatan tersebut bersamaan dengan penyerahan penghargaan kepada para tokoh dari berbagai bidang dan para Duta Besar negara-negara Sahabat dari Timur Tengah, antara lain Dubes Qatar YM Fauziya Edrees Al-Sulait, Dubes UAE YM Abdulla Salem AlDhaheri, Dubes Bahrain YM Ahmed Abdulla Ahmed Alharmasi Alhajeri, Dubes Oman lYM Mohamad Ahmed Salim Al-Shanfari, CDA Kuwait Mr Abdullah Yateem Al Fadhli dan dan Perwakilan Kedubes Saudi, Dr Hesham Abdullah Koshak.

Kang Yani, sapaan akrab Ahmad Yani  tidak menyangka dirinya mendapatkan anugerah Naratama Wiyata Mandala dari Keraton Kacirebonan. Bagi kang Yani yang motto hidupnya "khoirunnas anfa'uhum linnaas/Sebaik-baiknya manusia adalah yang mampu memberi manfaat bagi sesama"  selalu berusaha dimanapun dirinya berada dapat bermanfaat bagi orang lain tuturnya. Dari motto hidup inilah Kang Yani  mengabdikan dirinya menjadi aktivis Remaja Masjid At-Taqwa semenjak tahun 1995, ketika dirinya kuliah di IAIN Cirebon dan nyantri di Ponpes Al Istiqomah Kanggraksan Cirebon  sampai saat ini  mengabdi di almamaternya menjadi Ketua LP2M IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

BACA JUGA:Tradisi Antar Makanan Sambut Ramadhan, Dulu Pakai Rantang Kini Diganti Styrofoam

BACA JUGA:28 Tahun Beroperasi, Polytama Perkuat Sinergi Terbaik di Indramayu

Kang Yani meniti karir dalam dunia pendidikan dimulai menjadi Guru PAI di SMP Islam Al-Azhar 05 Cirebon (2001-2005); Guru bantu di SD Islam Al-Azhar 03 Cirebon (2003-2005); Dosen Luar Biasa Pusat Pengembangan Bahasa (PPB) di STAIN Cirebon (2001-2005) sampai menjadi Dosen tetap dari tahun 2005-sekarang.  Semenjak menjadi Dosen tetap di almamaternya.

Jiwa pengabdian Kang Yani menyebabkan dirinya banyak berkiprah di P3M/LP2M sebagai Kepala Unit PkM, Sekretaris LPM sampai dengan Ketua LP2M. Penulis juga pernah menjabat Kajur PIAUD/PGRA (2013-2015); dan anggota Senat Institut (2015-2019). Penulis banyak menginisiasi model pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk KKN Mahasiswa (PAR, Posdaya berbasis Masjid (2007-2013), Tematik IPM (2012-2014, dan yang terbaru Gemmar Mengaji (2021). Kang Yani juga aktif di organisasi sosial keagamaan sebagai Pengurus Wilayah DMI Jabar, Ketua Harian LPTQ Kota Cirebon (2019-2024); Ketua Harian At-Taqwa Centre (2018-2023), PCNU Kota Cirebon (2022-2027), Pimpinan Ponpes Pemberdayaan El-Husna! Direktur Titian Mulia Institut, Founder Laziswa Attaqwa.

Dari aktivitas pengabdiannya, penulis mendapatkan Penghargaan sebagai Tokoh Pemuda Bidang Keagamaan dari Wali Kota Cirebon (2018),Menjadi Nominee Tokoh Inspiratif  Pengabdian kepada Masyarakat dari Diktis Kemenag RI dalam International Conference on University Community Engagement (ICON UCE) ke-4 Tahun 2022, dan Penerima Program Hibah Kompetitif Pengabdian kepada Masyarakat Kolaborasi Internasional di Kinabalu, Sabah Malaysia Tahun 2022, inisiator penerjemahan Alqur'an ke Dalam Bahasa Cirebon, KKN Gemmar Mengaji.

Dalam dunia pendidikan keagamaan dan kemasyarakatan Kang Yani dan kawan kawan  dipandang berhasil membawa masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon dengan motto: Makmur, Melayani dan Mencerahkan" menjadi lebih maju dan mandiri dengan manajemen langit berbasis jama'ah.

BACA JUGA:Tokoh Inbar Berkumpul, Sepakat Dukung Putra Terbaik Indramayu Maju Pilgub Jabar 2024

BACA JUGA:20 Kg Sabu-sabu dalam Perahu Digagalkan Polisi di Kota Tanjungbalai

Masjid At-Taqwa di bawah kepemimpinan Kang Yani mampu melakukan diversifikasi program sesuai dengan  perkembangan zaman dan tuntutan jama'ah, antara lain selain tentang pelaksanaan layanan Ibadah rutin yang lebih tertib, juga layanan pendidikan dan sosial keagamaan mulai dari RA Reguler, RA Tahfizh Qur'an;  Rumah Tahfizh Qur'an dan Ponpes Tahfizh Berbasis Life Skills, TKQ/TPQ  Kuliah Subuh At-Taqwa sepanjang tahun, penguatan Remaja Masjid, Kajian Islam Tematik, Lembaga filantrofi/LAZISWA,  Gerakan Cinta Marbot, KKN Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji, Pemberian Jaminan Sosial dan Umrah Gratis bagi Marbot. Gerakan Subuh Berjama'ah, At-Taqwa Language Centre, bimbingan ibadah haji dan umroh mandiri, Radio Dakwah At-Taqwa,  Biro Konsultasi Keluarga Sakinah  dan layanan sosial kemasyarakatan lainnya. (abd)

BACA JUGA:Mulai 2024, Kurikulum Merdeka Jadi Kurikulum Nasional

BACA JUGA:Tanggul Rengaspayung Tinggal Menunggu Perbaikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: