3 Negara Anggota AFC yang Tegas Pindah Konfederasi Oseania, No. 1 Jadi Rajanya Oseania

3 Negara Anggota AFC yang Tegas Pindah Konfederasi Oseania, No. 1 Jadi Rajanya Oseania

3 Negara Anggota AFC yang pilih Pindah ke Oseania -Panditfootball-Radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID- Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) merupakan salah satu konfederasi terbesar di dunia kedua setelah UEFA, yang saat ini memiliki 47 anggota.

Sebelumnya, AFC memiliki anggota menembus hampir 50 negara. Namun, ada tiga negara anggota AFC yang memilih pindah ke Konfederasi Sepakbola Oseania (OFC).

Dari ketiga negara tersebut ada yang benar-benar pindah permanen dan ada juga yang balik menjadi anggota AFC. Keputusan mereka pun telah berdampak terhadap perkembangan sepak bola di kawasan masing-masing dan mengubah peta persaingan antar negara.

Sebelumnya, seperti kita tahu bahwa ramai pemberitaan Timnas Indonesia diminta untuk pindah konfederasi dari AFC ke Oseania. Hal ini karena buntut dari pertandingan Indonesia melawan Bahrain yang berakhir penuh kontroversi.

BACA JUGA:Kakak Eliano Reijnders dengan Keturunan Maluku, jadi Bintang AC Milan, Cetak 2 Gol di Liga Champions!

Kemenangan Timnas Indonesia direbut oleh wasit kontroversial asal Oman yang memberi tambahan waktu tidak sesuai, dan mengakhiri pertandingan setelah Bahrain sberhasil menyamakan kedudukan dengan Timnas Indonesia. 

Hal ini tentu memicu kemarahan warganet Indonesia, mereka mengkritik pedas, bahkan mengancam pemain Bahrain, termasuk federasi sepak bola Bahrain. 

Diketahui Bahrain dijadwalkan bertandang ke markas Indonesia pada Maret 2025 mendatang. Namun ternyata, Bahrain menolak keras bermain di Jakarta dengan alasan keselamatan para pemain.

Federasi Bahrain pun mengirim surat permintaan perpindahan venue agar laga dilakukan di tempat netral. Permintaan Bahrain pun langsung direspon serius oleh AFC. 

BACA JUGA:Manajer Persija Buka-bukaan Soal Kans Abroad Rizky Ridho, Belum Ada Tawaran Tapi Rumornya Real Madrid..

Sedangkan Indonesia, saat protes soal laga melawan Bahrain yang merasa dirugikan pihak wasit, ditolak oleh AFC. Hal ini tentu memicu kekesalan banyak pihak lagi, seolah-olah AFC tidak berlaku adil. Sehingga banyak yang menyarankan Timnas Indonesia untuk keluar dari AFC dan bergabung di OFC.

Berikut ini 3 negara yang memilih berpindah ke OFC yaitu:

1. Selandia Baru

Selandia Baru kini dikenal sebagai Raja Oseania, siapa sangka negara ini pernah bergabung menjadi anggota AFC pada 1964. Selandia Baru tergabung di AFC karena saat itu di Oseania belum ada konfederasi sepakbola yang menaungi mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: