Kalah dari China, Vietnam Sebut Indonesia Tak Pantas Masuk Piala Dunia: Mending Fokus Piala AFF Saja

Kalah dari China, Vietnam Sebut Indonesia Tak Pantas Masuk Piala Dunia: Mending Fokus Piala AFF Saja

Potret Timnas Indonesia -Instagram @sandywalsh-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Timnas Indonesia harus rela menelan pil pahit usai dikalahkan China 2-1 di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. 

Tren positif dengan hasil imbang dalam 3 laga sebelumnya, langsung terhenti gegara Tiongkok. Di lain waktu rival satu wilayah Indonesia yaitu Nguyen cs, langsung menanggapi dengan sindiran. 

Melalui media Vietnam Bongda24h, yang mengatakan skuad Garuda tak pantas masuk Piala Dunia, dan lebih baik memfokuskan diri pada ajang kejuaraan Asia Tenggara saja.

"Timnas Indonesia tak pernah memang sejak gelaran Piala AFF pertama kali digelar pada tahun 1966, jadi daripada fokus ke Piala Dunia, lebih baik fokus Piala AFF saja," tulis Bongda24h. 

BACA JUGA:Jika AFC Tidak Adil, Indonesia Bisa Gabung Oseania Sebagai Jalan Pintas, Ini Dia Daftar Lawannya, Susah?

Pernyataan menyindir itu mulai berdatangan sejak Indonesia kalah dari China, sebagai rival satu regional sudah pasti Vietnam tak ada henti-hentinya mengulas tentang skuad Garuda. 

Baik Bongda24h, Soha.vn, dan lain-lain. Media lokal dari Nguyen cs ini memang sering memberikan kredit khusus kepada tim asuhan Shin Tae-yong, tapi mayoritasnya lebih ke sindiran daripada pujian.

Anehnya, mungkin media Vietnam langsung menyimpulkan bahwa kekalahan atas China ini, membuat harapan Indonesia lolos ke Piala Dunia semakin pupus dan luntur.

Padahal, track record laga yang tuntas dilakoni oleh skuad Garuda masih punya potensi untuk maju ke putaran ke-4 hingga Piala Dunia, di round 3 saja masih tersisa 6 laga yang tengah menanti.

BACA JUGA:Jay Idzes Dirumorkan Absen di Laga Jepang Gegara Kartu, PSSI Auto Kebut Naturalisasi Kevin Diks, Rampung?

"Sejak Piala AFF digelar, Indonesia belum pernah menang, enam kali kalah di final seperti empat kali lawan Thailand, satu kali lawan Singapura, dan satu kali lawan Malaysia, tulis Bongda24h. 

"Dengan adanya pemain naturalisasi, PSSI bisa menargetkan Indonesia untuk jadi juara di Piala AFF, ketimbang di Kualifikasi Piala Dunia yang sangat berat," imbuhnya. 

"Tentu PSSI bisa menargetkan juara di Piala AFF, sebab ada pemain naturalisasi yamg bermain di Eropa, untuk bisa meraih gelar juara pertama kalinya di turnamen regional," tambahnya. 

Untuk informasi, jadwal kejuaraan Piala AFF 2024 ini akan diselenggarakan pada 8 Desember 2024 hingga 5 januari 2025.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: