Waduh! Netizen Malaysia Sindir Indonesia, Gegara Naturalisasi Mats Deijl yang Gagal Ditolak Oleh FIFA

Waduh! Netizen Malaysia Sindir Indonesia, Gegara Naturalisasi Mats Deijl yang Gagal Ditolak Oleh FIFA

Malaysia Gagal Naturalisasi Mats Deijl. -Instagram @idextratime-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Waduh, netizen Malaysia malah menyalahkan Indonesia, gegara proses naturalisasi pemain keturunan yang bernama Mats Deijl gagal, ditolak oleh FIFA

Sangat aneh sekali, netizen di negeri jiran ini malah menuduh negeri tetangga, dibalik gagalnya proses alih kewarganegaraan pemain berusia 27 tahun tersebut.

Padahal sebenarnya, Federasi Sepakbola Internasional memang tidak menyetujui naturalisasi Deijl, karena ada aturan yang tak sesuai. Sekali lagi proses yang gagal ini bukan gara-gara Indonesia.

Sebagai Asosiasi yang menaungi seluruh urusan sepakbola di dunia, FIFA memiliki aturan khusus dan berhak menolak semua pengajuan tertentu, jika tidak sesuai aturan yang berlaku.

BACA JUGA:Malaysia Sebut Indonesia Hoki Masuk Piala Asia 2025, Netizen Indo: Urus Naturalisasi Aja Gak Becus!

Sama halnya seperti proses naturalisasi Mats Deijl yang tidak dikabulkan oleh FIFA, karena memang ada aturan yang tidak sesuai untuk meloloskan pemain keturunan Malaysia yang anyar ini.

Aturan tersebut bersumber dari regulasi pemain, termasuk di dalamnya ada pasal terkait alih federasi dan kewarganegaraan, yang bersifat mengikat dan tidak bisa diganggu gugat.

Mengacu pasal 8 terkait naturalisasi, FIFA mewajibkan para pemain yang ingin pindah kewarganegaraan, untuk sesuai dengan 3 syarat yang sudah ditetapkan.

Sekurang-kurangnya jika tak sesuai dari aturan yang berlaku, maka pemain yang ingin mengajukan naturalisasi untuk berganti status kewarganegaraan, otomatis akan ditolak.

BACA JUGA:Maarten Paes Kewalahan Usai Dapat Suntikan Followers di Media Sosial, 'Sangat Berdampak Bagi Saya'

Pertama, pemain yang akan mengajukan naturalisasi, memang benar lahir di negara tersebut, misalnya Mats Deijl lahir di Malaysia, tapi dia aslinya tidak lahir disana melainkan di Vlaardingen Belanda. 

Kedua, ibu dan ayah pemain (orang tua) nya lahir di negara tersebut, setelah dicek oleh FAM rupanya kedua orang tua Deijl tidak lahir di Malaysia. 

Ketiga, kakek dan nenek pemain yang akan mengajukan naturalisasi memang lahir di negara tersebut. Setelah ditelusuri, rupanya informasi kakek dan nenek Deijl juga tidak sesuai dengan aturan FIFA. 

Ternyata, darah keturunan Malaysia dari Mats Deijl berasal dari leluhurnya, diatas dari generasi kakek dan neneknya. Atas dasar inilah makanya FIFA menolak proses naturalisasi nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: