Target Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia Selain Curi Poin Arab Saudi, Rupanya Bukan untuk Lolos, Lalu?

Target Shin Tae-yong di Kualifikasi Piala Dunia Selain Curi Poin Arab Saudi, Rupanya Bukan untuk Lolos, Lalu?

Shin Tae-yong sewaktu diwawancarai pada kanal YouTube Timnas Indonesia. -Channel Youtube Timnas Indonesia. -radarindramayu.com

RADARINDRAMAYU.COM - Pelatih tim nasional sepak bola Indonesia Shin Tae-yong memiliki target lain di babak Kualifikasi Piala Dunia selain curi poin dari Arab Saudi.

Rupanya pelatih berusia 53 tahun ini mempunyai target lain, bukan untuk membawa anak asuhnya lolos ke babak Pildun. Tapi coach Shin lebih memilih realistis. 

"Kita bisa lolos ke babak kualifikasi peringkat 3 atau 4. Namun bukan berarti saya menyerah untuk langsung lolos di peringkat 1 atau 2," ujar pria yang akrab disapa STY. 

"Tapi sebenarnya, target utama adalah menuju peringkat FIFA ke-100" imbuh pelatih asal Korea Selatan sewaktu diwawancarai dalam kanal YouTube resmi Timnas Indonesia. 

BACA JUGA:26 Pemain Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia, STY Bawa 4 Kiper, Thom Haye Jaminan Starter?

"Ini mimpi saya untuk mewujudkannya" tegas Shin Tae-yong sembari meyakinkan bahwa anak asuhnya punya peluang untuk melesat di rangking FIFA.

Perlu diketahui, rangking FIFA Indonesia per tahun 2024 ini berada di posisi ke-133, sebelumnya skuad Garuda pernah berada di posisi ke-134 pada kurun waktu bulan Januari sampai Juni.

"Indonesia naik peringkat di ranking FIFA berdasarkan rilis terbaru pada Kamis (18/7). Skuad Garuda berada di urutan ke-133 dengan 1108,73 poin, lebih tinggi satu posisi dari ranking FIFA per 20 Juni 2024" tulis PSSI. 

Timnas Indonesia punya peluang besar untuk naik rangking FIFA, jikalau bisa mengalahkan Arab saudi, ataupun dengan menahan imbang pertandingan. 

BACA JUGA:Indonesia Ketar-ketir, Jelang Lawan Arab Saudi di Kualifikasi Piala Dunia Gegara Wasit VAR, Sivakorn Pu-Udom? 

"Bisa masuk ranking 100 dunia. Mari kita coba wujudkan itu. Bisa dibilang ini adalah janji saya kepada ketua umum dan PSSI untuk bersama-sama hingga Juni 2027'" tegas Shin Tae-yong.

Tekad Shin Tae-yong patut diapresiasi, lantaran selama menukangi Timnas Indonesia, banyakan capaian baru yang sebelumnya mustahil untuk didapatkan.

Contohnya, jadi juara ke-4 di gelaran AFC U23 dengan mengalahkan lawan-lawan berat seperti Korea Selatan dan Australia, bahkan menggasak Yordania. 

Berhasil maju ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, disaat perwakilan Asia Tenggara pada tumbang di putaran kedua. Hal tersebut merupakan sejarah baru bagi Skuad Garuda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: