Mahasiswa KKN Tutup Kegiatan di Desa dengan Pementasan Budaya

Mahasiswa KKN Tutup Kegiatan di Desa dengan Pementasan Budaya

Penampilan tari topeng di acara penutupan KKN di Desa Gegesik Kulon (20/8/2024).--radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Mahasiswa KKN kelompok 118 UINSSC Desa Gegesik kulon, Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon membuat pentas seni di penutupan kegiatan KKN (20/8/2024). 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan bahwa kesenian yang ada di Desa Gegesik Kulon sangat beraneka ragam, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan kesenian yang harus dilestarikan.

Penampilan yang di mulai jam 19.30 sampai 23.00 di tampilkan oleh Gabungan Seniman Gegesik Kulon (GASELON), yang dihadiri oleh aparatur Desa, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), mahasiswa KKN kelompok 118, serta Masyarakat Desa Gegesik Kulon.

"Mengenai penampilan kesenian ini terdiri lebih dari 3 sanggar yang menampilkan bermacam-macam kesenian mulai dari Tari Topeng, Rampak Gendang, Singa Barong, Sandiwara Buta, dan lain-lain," terang Suteja, Ketua GASELON.

BACA JUGA:Apel Gelar Pasukan di Mapolres Indramayu, Jalin Persiapan Strategis untuk Kondusifitas Pilkada

Suteja menjelaskan, untuk pelestarian kesenian ini dimulai dari sekarang dan pemuda yang akan menjaga kesenian ini, mahasiswa KKN pun harus punya rasa nemiliki, "kalo bukan sekarang kapan lagi, kalo bukan kita siapa lag," katanya. 

Salah satu anggota mahasiswa KKN kelompok 118, Hendang Suryana, berharap pementasan seni tersebut bisa meningkatkan minat masyarakat untuk melestarikan seni dan budaya tradisional. 

“Semoga dengan adanya pentas seni ini, masyarakat lebih peduli, lebih berminat untuk melestarikan kesenian dan kebudayaan peninggalan nenek moyang. Khususnya bagi masyarakat setempat, dan umumnya bagi semua orang," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: