BTNGC Patroli Drone untuk Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan Ciremai

BTNGC Patroli Drone untuk Cegah Kebakaran Lahan dan Hutan Ciremai

ANTISIPASI: Kepala BTNGC Toni Anwar menyampaikan pihaknya telah mengerahkan tim untuk membuat sekat bakar di kawasan Gunung Ciremai dan memperketat patroli dengan melibatkan drone.-Agus Sugiarto-Radarkuningan.com

Namun yang terpenting, kata Indra, dalam menghadapi ancaman bencana kebakaran hutan ini lebih mengedepankan upaya preventif seperti patroli di darat maupun udara menggunakan drone.

"Kami menggelar rapat koordinasi melibatkan banyak pihak seperti dari Polres, Kodim, Kejaksaan, Pengadilan Negeri juga dari BTNGC, Perhutani dan pihak terkait termasuk relawan telah bersepakat untuk membentuk Satgas Karhutla. Nanti kita akan berbagi tugas dan kewenangan sehingga tidak terjadi miss komunikasi untuk berkoordinasi dalam penanganan kebakaran hutan dan lahan serta kekeringan di Kabupaten Kuningan," sebut Indra.

Kemudian dalam menghadapi musim kemarau yang diprediksi tahun ini merupakan kemarau kering, Indra mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan dan menghindari tindakan yang dapat berpotensi menyebabkan kebakaran hutan, lahan bahkan tempat tinggal.

Dalam waktu dekat, lanjut Indra Bayu, pihaknya akan mengeluarkan surat edaran tentang imbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran sampah sembarangan, pembukaan lahan dengan cara dibakar, menghemat air dan lainnya. Terutama berkaitan dengan pembakaran lahan, perlu diketahui perbuatan ini bisa kena pasal pidana.

BACA JUGA:Mobil Listrik Daihatsu me:MO Tampil di GIIAS 2024

"Dalam Rakor Karhutla ini kita libatkan aparat penegak hukum, dalam upaya penegakkan hukum bagi pihak yang secara sengaja melakukan pembakaran hutan dan lahan sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku," pungkas Indra. (ags)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: