Indonesia vs Filipina, Shin Tae-yong: Tak Ada Tempat untuk Mundur!

Indonesia vs Filipina, Shin Tae-yong: Tak Ada Tempat untuk Mundur!

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. -dok PSSI-RADAR INDRAMAYU

BACA JUGA:Ciremai Fest 2024: Gemakan 'Sport Tourism' Taman Nasional Gunung Ciremai Melalui Jabar Ultra Trail Run 2024

"Saya pun sebenarnya sudah lama memantau Indonesia. Kualitasnya memang makin bagus dan salah satu yang terkuat," sambungnya.

Tom Saintfiet baru ditunjuk jadi pelatih Timnas Filipina pada Februari kemarin. The Azkals dibawanya kalah 2-3 dari Vietnam, tapi setidaknya bisa beri perlawanan ketat.

Tom Saintfiet pun tidak punya target muluk-muluk untuk hadapi Timnas Indonesia nanti. Baginya, Skuad Garuda jadi yang favorit, tapi ingat, bola itu bundar yang artinya segala kemungkinan bisa terjadi.

"Saya respek dengan Indonesia, mereka favoritnya. Kami sudah kompetitif lawan Vietnam, maka hasilnya nanti jika seri dengan Indonesia itu fantastis dan kalau kami menang itu adalah keajaiban," tutup Saintfiet yang pernah melatih enam timnas di Afrika.

BACA JUGA:Pj Gubernur Ajak Masyarakat Kembali Menonton TV dan Mendengarkan Radio

Indonesia dipastikan tanpa Jordi Amat yang absen karena kartu merah melawan Irak. Sebagai pengganti, Jay Idzes hampir pasti menjadi pilihan utama menemani Rizky Ridho dan Hubner di jantung pertahanan tim.

Beberapa perubahan mungkin juga akan dilakukan Shin. Misalnya saja menurunkan Ivar Jenner menggantikan Nathan Tjoe-A-On karena kreativitas Jenner akan sangat dibutuhkan dalam membongkar pertahanan Filipina. Di sisi lain, Ernando Ari rasanya masih menjadi pilihan utama meski ada blunder yang ia lakukan saat melawan Irak.

Satu hal lain adalah menantikan debut Calvin Verdonk. Tapi, Verdonk sepertinya tidak akan main sejak awal. Shayne Pattynama atau Pratama Arhan masih akan menjadi pilihan utama di sektor kiri sebelum ada kemungkinan Verdonk masuk sebagai pengganti.

Filipina sendiri diperkirakan tidak banyak melakukan perubahan. Beberapa pemain yang diberikan kesempatan debut oleh Saintfiet di laga melawan Vietnam bisa jadi akan memperoleh caps keduanya. Mereka adalah Adrian Ugelvik, Scott Woods, Zico Bailey, Dylan Demuynck, dan Alex Monis.

BACA JUGA:Hasil Pemilu Awal: Unggul Tipis, Dani Salip Eti

Indonesia punya peluang untuk menang atas Filipina. Sebab, Filipina kini berada dalam tren negatif. The Azkals tidak pernah menang pada lima laga terakhir. Yakni empat kali kalah, sekali imbang, dan kebobolan 12 kali.

Namun, Filipina juga berpotensi membuat kejutan. Sebagai pengingat, pada duel terakhir lawan Filipina, Indonesia bermain imbang 1-1. Indonesia juga pernah kalah 0-4 dari Filipina pada Piala AFF 2014 yang lalu.

“Saya tidak begitu khawatir untuk pertandingan yang ini karena kita pasti akan siap untuk mendapatkan tiket ke round tiga kualifikasi Piala Dunia. Jadi, mohon kepercayaannya dari masyarakat Indonesia kepada para pemain timnas kita,” kata Shin Tae-yong pada konferensi pers pra-pertandingan di SUGBK, Jakarta, Senin (10/6).

Dia memastikan tetap mempersiapkan timnya dengan baik, meskipun secara kualitas Filipina berada di bawah Indonesia. “Seperti semua orang tahu, tidak ada tempat lagi untuk kita mundur. Tidak boleh juga kita mundur. Tim Filipina walaupun gagal lulus pastinya akan berjuang keras juga lawan Indonesia. Sama juga kita akan bekerja semaksimal mungkin agar kita bisa memberikan kemenangan kepada para fans,” tutur Shin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: