Bupati Nina Raih Penghargaan Person of The Year Radar Cirebon Group

Bupati Nina Raih Penghargaan Person of The Year Radar Cirebon Group

Pemred Rusdi didampingi GM Yuda memberikan penghargaan Person of The Yearr 2022 kepada Bupati Indramayu Hj Nina--

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Radar Cirebon Group diulang tahunnya ke_23 tahun memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh yang dinilai peduli dengan masyarakat. Sosok Bupati Hj Nina Agustina SH MH CRA merupakan seorang figur yang menginspirasi banyak orang.
Program kerja yang telah dilakukannya itu mampu menjawab keinginan masyarakat Indramayu. Terutama dalam menjalankan 10 program unggulan di antaranya Program Perempuan Berdikari (Peri).  
Program yang satu ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Indramayu. Salah satunya adalah memberikan pelatihan bagi Purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Kabupaten Indramayu.



Hal ini yang menjadi alasan Radar Cirebon Group membrikan penghargaan Person of The Year 2022 kepada Bupati pilihan rakyat yang diusung PDI Perjuangan. Penghargaan diberikan Pemred Radar Cirebon Rusdi dan didampingi GM Yuda Sanjaya pada malam Penganugerahan Person of The Year, Senin (19/12) malam di Gedung Kaliandra Radar Cirebon.
Rusdi menjelaskan, Bupati Nina telah melakukan upaya untuk memberdayakan para purna PMI dengan berbagai kegiatan. Diantaranya menggelar pelatihan kewirausahaan, pendampingan dan fasilitasi akses permodalan melalui perbankan/BJB.

Jenis pelatihan kewirausahaan yang diberikan bagi perempuan purna PMI ini, mempertimbangkan potensi serta kebutuhan masyarakat di desa setempat. Adapun tujuan pemberdayaan Purna PMI adalah agar memiliki keterampilan/keahlian, memiliki wawasan/ Pengetahuan dalam mengelola keuangan secara produktif dan mampu berwirausaha dalam memenuhi kebutuhan hidup keluarganya.

Dari catatan Radar Cirebon Group bahwa program perempuan Berdikari (Peri) terus bergerak menyentuh 317 Desa/ Kelurahan. Untuk setiap Desa/ Kelurahan sebanyak 20 Purna PMI dalam jangka waktu 2021-2026
Berdasarkan data tahun 2019 pada Dinas Tenaga Kerja, bahwa jumlah pendaftaran PMI sebanyak 21.678 orang, yang terdiri dari 2.673 laki-laki dan 19.005 perempuan.  Pada tahun 2020 dimana terjadi pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap jumlah pendaftaran PMI sebesar 5.287 orang, yang terdiri dari 1.016 laki-laki dan 4.271 perempuan tersebar di 317 desa/kelurahan seKabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Rubah Jalan Tambak Raya Jadi Destinasi Wisata Kuliner, H Yogi Diganjar Penghargaan Person of The Year

Program Perempuan Berdikari menargetkan memberikan pelatihan kewirausahaan bagi 6.340 orang perempuan Purna PMI dalam jangka waktu 2021-2026. Untuk tahun 2021 akan dilaksanakan di 12 desa dan selanjutnya tahun 2022 s.d. 2026 dilaksanakan di 60 desa per tahun. Sehingga diharapkan target ini akan terealisasi seluruhnya pada tahun 2026.
Jenis pelatihan meliputi 4 bidang / kejuruan antara pelatihan membuat produk (Ekonomi Kreatif), pelatihan tata boga, tata busana/ menjahit dan pelatihan jecantikan

Selain itu diberikan juga pemberian materi motivasi kewirausahaan, pelatihan manajemen keuangan, permodalan. Juda digital pemasaran, legalitas produk dan pemasaran produk.

Untuk mensukseskan program perempuan berdikari (peri) telah di usulkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021-2026, dengan kebutuhan anggaran setiap tahun sebesar Rp 3.000.000.000. Untuk 60 Desa.
Kegiatan pelatihan kewirausahaan ini dilaksanakan di 12 (dua belas desa) diikuti oleh 20 (dua puluh) orang peserta / desa yang tergabung dalam 4 (empat) kelompok.

Sampai dengan bulan Februari 2022 sudah dua Desa ( Desa Pabean Ilir , Desa Cantigi Kulon) yang dapat direalisasikan fasiitasi bantuan permodalan bagi peserta pelatihan pe-ri (perempuan berdikari) yang diberikan oleh Bank Jabar Banten (BJB).Masing masing mendapatkan pinjaman modal sebesar kisaran Rp. 5.000.000,. Hal itu yang menjadi alasan Radar Cirebon Group berikan penghargaan kepada Bupati Nina yang sangat peduli dengan Buruh Migran.

BACA JUGA:Pelayanan SIM Keliling Polres Indramayu, Hari Ini Ada di Polsek Jatibarang  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: