Ribuan Warga Antusias Ikuti Sedekah Bumi Desa Jatibarang

Ribuan Warga Antusias Ikuti Sedekah Bumi Desa Jatibarang

ARAK-ARAKAN: Kuwu Jatibarang Agus Darmawan menaiki kereta Paksi Griya Kencana Jatibarang berkeliling wilayah Desa Jatibarang pada rangkaian adat sedekah bumi, kemarin.-ANANG SYAHRONI-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Sarana lestarikan seni budaya daerah sampai gelar doakan bersama untuk korban gempa. Sedikitnya 3.000 warga dari dari 7 Rukun Warga (RW) Desa Jatibarang Kecamatan Jatibarang antusias meriahkan rangkaian acara sedekah bumi, Rabu (23/11). Hal itu membuat Jalan Mayor Dasuki disesaki warga yang ikut dalam pawai budaya.

Sejak pagi hari, suasana halaman belakang kantor Kuwu Jatibarang sudah dipadati warga. Hadir pula tokoh masyarakat, agama dan pemuda setempat. Sebelum menggelar pawai budaya, pemdes beserta warga menggelar doa bersama untuk keselamatan dan keberkahan warga desa. Mereka juga mendoakan para korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur.

Kuwu Jatibarang Agus Darmawan mengatakan, acara sedekah bumi di tahun ini memang sengaja diadakan dengan berbagai kegiatan, bukan saja dengan doa bersama.

Tetapi dimeriahkan dengan agenda pawai budaya hasil dari kreativitas masyarakat desa dari 7 RW, mengelilingi wilayah Desa Jatibarang, dan panggung hiburan sandiwara pada malam hari.  

BACA JUGA:Layanan SIM Keliling Hari Ini Ada di Simpang Tiga Karangampel. Cek Persyaratanya !  

“Setelah 40 tahun, baru diadakan sedekah bumi dengan kegiatan semeriah ini. Terima kasih berkat dukungan semua masyarakat Jatibarang adat sedekah bumi berjalan sukses,” ucap Agus di sela-sela kegiatannya.

Agus berharap, dengan pergelaran adat sedekah bumi dapat meningkatkan rasa solidaritas dan gotong royong warga, untuk bersama-sama membangun Desa Jatibarang lebih baik lagi.

Pada kegiatan tersebut, pihaknya bersama para donatur menyediakan berbagai doorprize bagi masyarakat Jatibarang yang ikut meriahkan acara sedekah bumi.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Jatibarang Adi Nuradi mengatakan, doa masyarakat desa pada pelaksanaan adat desa sedekah bumi, menjadi keberkahan tersendiri dan menjadi sarana memupuk kebersamaan antara warga desa.

“Sedekah bumi ini merupakan media ungkapan rasa syukur atas hasil bumi yang melimpah dan usaha yang diberi kelancaran,” katanya.

BACA JUGA:Tersangka Pembuangan Bayi Dinikahkan di Kantor Polisi,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: