Hari Ini Operasi Zebra Lodaya 2022 Dimulai. Ini 7 Sasaran yang Akan Dibidik

Hari Ini Operasi Zebra Lodaya 2022 Dimulai. Ini 7 Sasaran yang Akan Dibidik

Polres Indramayu menggelar Operasi Zebra Lodaya 2022 mulai Senin, 3 Oktober sampai 16 Oktober2022-dok utoyo prie achdi-

Radarindramayu.id, INDRAMAYU – Awas kena tilang ! Patuhi aturan berlalu lintas dan jangan lupa lengkapi surat-surat kendaraan. Bagi yang naik sepeda motor, jangan lupa untuk memakai helm SNI.

Pasalnya mulai Senin, 3 Oktober 2022 ini, Satlantas Polres Indramayu dan jajaran bakal menggelar Operasi Zebra Lodaya (OZL) tahun 2022. Kegiatan ini dilaksanakan selama 14 hari sampai 16 Oktober 2022 mendatang.

Operasi Zebra Lodaya dilakukan guna memberikan kesadaran kedisiplinan, kepatuhan aturan lalu lintas bagi pengguna jalan raya.

Kapolres Indramayu AKBP M Lukman Syarif melalui Kasat Lantas AKP Angga Hadiman menjelaskan,  sesuai hasil vicon yang disampaikan Dirlantas Polda Jabar Kombes Pol Romin Thaib,  ada 7 sasaran dalam operasi Zebra Lodaya 2022.

Diantaranya, bagi pengemudi dilarang menggunakan handphone saat berkendara di jalan raya. Anak di bawah umur dilarang berkendara kendaraan bermotor, dilarang berkendara sepeda motor, berboncengan lebih dari satu orang.

BACA JUGA:Jumlah Data Korban Tragedi Stadion Kanjuruhan, Versi Dinkes 182 Orang Termasuk Balita

Kemudian bagi pengendara dan penumpang sepeda motor wajib menggunakan helm SNI, pengendara roda empat atau lebih wajib menggunakan safety belt, pengendara kendaraan bermotor dilarang mengkonsumsi minuman keras atau alcohol.

Selanjutnya,  pengendara kendaraan bermotor dilarang melawan arus dan Dilarang berkendara melebihi batas kecepatan maksimum.

"Operasi dengan sandi Ops Zebra Lodaya 2022 ini akan berlangsung 14 hari dari tanggal 3 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2022, " ujar Angga didampingi Kasi humas Polres Indramayu Iptu Didi Wahyudi, Sabtu, 1 Oktober 2022.

Dikatakan, kegiatan Operasi Zebra Lodaya tahun 2022 ini untuk mendisiplinkan aturan lalu lintas serta meningkatkan kepatuhan masyarakat dalam berkendara, dengan lebih mengedepankan sosialisasi kepada masyarakat.

BACA JUGA:Bupati Indramayu Sampaikan Duka Cita Mendalam Atas Tragedi Kanjuruhan

Meski begitu tindakan  tegas juga diberlakukan terhadap pelanggar lalin yang diketahui melanggar dari 7 sasaran. Namun dalam hal ini tetap menjalankan dengan simpatik, selektif dengan bersikap senyum, sapa dan salam.

"Tujuan Operasi Zebra Lodaya 2022 untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran kepada masyarakat dalam rangka mencegah pelanggaran lalu lintas, tertib berlalu lintas, dan mengantisipasi gangguan kamtibmas lainnya untuk menciptakan situasi Kamtibselcar Lantas yang aman dan kondusif," ucapnya.

Bagi masyarakat yang akan bepergian menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, ada baiknya memperhatikan sejumlah aturan berlalu lintas. Agar perjalanan anda menjadi aman dan tidak ada gangguan. Biasakan untuk tertib berlalu lintas setiap hari, bukan hanya ketika polisi menggelar operasi saja, demi keamanan dan keselamatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: