Timnas U-20 Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 Uzbekistan. Kalahkan Vietnam Secara Dramatis

Timnas U-20 Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 Uzbekistan. Kalahkan Vietnam Secara Dramatis

Marcelino Ferdinan melakukan selebrasi usai mencetak gol bagi Timnas U-20 saat melawan Vietnam -@pssi-

Radarindramayu.id, INDRAMAYU – Dramatis. Itulah kata yang paling pas untuk Timnas U-20 Indonesia saat bertanding menghadapi Vietnam, di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu malam, 17 September 2022.

Sempat tertinggal 1-2 dan nyaris pupus harapan untuk bisa lolos langsung ke Piala Asia U-20 Uzbekistan 2023, Timnas U-20 Indonesia mampu bangkit dan berbalik menang 3-2.

Tiga gol kemenangan Timnas U-20 Indonesia semuanya dicetak pada babak kedua. Masing-masing melalui Marcelino Ferdinan, Muhammad Ferari, dan Rabbani Tasnim.

Babak pertama pertandingan berjalan ketat. Vietnam yang melakukan pressing-pressing ketat terhadap pera pemain Indonesia, membuat anak-anak Garuda Muda sulit mengembangkan permainan.

BACA JUGA:DPRD Berharap Disharmonisasi Antara Bupati dan Wakil Bupati Diakhiri

Akibatnya mereka lebih sering melakukan direct passing ke dapan, namun cara ini juga tidak mendapatkan hasil. Bahkan Hokky Caraka dan kawan-kawan sering kehilngan bola, akibat kesalahan pasing.

Hoky sempat mendapatkan peluang emas di depan gawang Vietnam, melalui kerjasama dengan Ronaldo Kwateh. Namun kali ini sepakan Hoky masih melebar di sisi sebelah kiri gawang Vietnam. Babak pertama  berakhir imbang tanpa gol.

Pelatih Shin Tae Yong langsung melakukan pergantian sejumlah pemain di babak kedua. Sejumlah pemain kunci seperti Marcelino Ferdinan, Rabbani Tasnim, serta Nico.

Strategi Shi Tae Yong ini ternyata cukup jitu. Pemain Timnas U-20 tampil lebih menyerang di babak kedua. Hasilnya, Marcelino mambuat seisi Gelora Bung Tomo bergemuruh, melalui tendangan kerasnya.

Unggul satu gol sepertinya membuat anak-anak asuhan Shin Tae Yong sedikit terlena. Karena beberapa menit kemudian Vietnam mampu menyamakan skor menjadi 1-1.

Gol ini berawal dari umpan pemain Vietnam ke mulut gawang Timnas U-20 Indonesia. Bola yang diarahkan kepada pemain depan Vietnam ini diantisipasi oleh Ferari. Namun bola justru bergulir ke gawang sendiri.

Skor 1-1 membuat pemain Vietnam semakin gencar melakukan serangan. Para pemain belakang Indonesia pun  dibuat kocar-kacir oleh permainan cepat anak-anak Vietnam. Hasilnya, Vietnam berbalik unggul 1-2.

Kondisi ini tentu saja membuat cemas, karena Timnas U-20 terancam tidak bisa lolos otomatis ke Piala Asia U-20 Uzbekistan. Bayangkan, pertandingan sudah memasuki 15 menit terakhir.

Dukungan penonton yang memadati stadion sepertinya membuat skuad Garuda Muda tetap bersemangat. Masuknya Marcelino benar- benar mampu menjaga keseimbangan tim.

Marcelino dan kawan-kawan terus menekan pertahanan Vietnam untuk bisa menyamakan skor. Berawal dari sebuah tendangan pojok, Muhamad Ferari mampu mencetak gol lewat sundulan kepalanya. Gol ini seolah menjadi penebus kesalahan gol bunuh diri Ferari.

Gol Ferari membuat para pemain semakin bersemangat. Sementara pemain Vietnam terlihat sangat kelelahan menghadapi gempuran anak asuh Shin Tae Yong.

Gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba menjelang pertandingan berakhir. Melalui tusukan dari sisi kiri pertahanan, Nico melakukan tembakan dan gagal diantisipasi penjaga gawang Vietnam. Bola yang sudah melewati kiper ini langsung dicocor oleh RabbaniTasnim menjadi gol.

Kemenangan 3-2 atas Vietnam ini membuat Timnas U-20 Indonesia lolos ke Piala Asia U-20 Uzbekistan tahun 2023. Sementara Vietnam menempati posisi kedua, dan berpeluang lolos menjadi runner up terbaik.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: