Bupati Nina Dan Ono Surono Kampamye Gemarikan, Ikan Etong dan Masakan Gombyang Dipromosikan

Bupati Nina Dan Ono Surono Kampamye Gemarikan, Ikan Etong dan Masakan Gombyang Dipromosikan

INDRAMAYU - Bupati Indramayu, Hj, Nina Agustina bersama Anggota Komisi IV DPR RI, Ono Surono mengkampanyekan gerakan makan ikan sebagai pemenuhan protein masyarakat, sekaligus mencegah stunting. Keduanya juga mempromosikan dua jenis ikan yang menjadi khas makanan yang dijajakan warung atau rumah makan di Kabupaten Indramayu, yakni etong dan masakan gombyang.

Bupati Nina, mengatakan, ikan memiliki protein dan bergizi. Makan ikan secara rutin, dapat meningkatkan kecerdasan bagi yang konsumsinya. Melalui kegiatan bertajuk Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan), yang digelar di halaman sekretariat Rumah Aspirasi Ono Surono, Perumahan Graha Sudirman Indramayu, Jawa Barat, Minggu (6/6) itu, Bupati Nina mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan.

\" Karena ikan sangat bagus untuk dikonsumsi. Apalagi Indramayu daerah kita ini penghasil ikan, sehingga kita mudah mendapatkannya. Mulai hari ini dan seterusnya mari kita rutin makan ikan,\" ajaknya.

Bupati Nina menjelaskan, Indonesia mempunyai potensi laut yang luar biasa besarnya dan Kabupaten Indramayu juga menjadi salah satu daerah di Indonesia yang diberkahi dengan sumber daya alam laut yang melimpah.

\"Tentu saja pemanfaatan hasil laut telah kita lakukan selama ini, namun pemanfaatan tersebut sudah seharusnya tidak terpaku pada urusan perekonomian saja. Ikan yang dalam hal ini merupakan hasil laut menjadi salah satu sumber protein yang baik untuk kesehatan tubuh,\" terangnya

Banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan, lanjut Bupati Nina, bermanfaat untuk tumbuh kembang anak serta mencegah terjadinya stunting atau masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama.

Dikatakannya, melihat sumber daya alam yang kita punya dan fakta bahwa ikan mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, seharusnya permasalahan stunting dan gizi buruk tidak menerpa negara kita. Di sini hal yang menjadi kendalanya yaitu tingkat mengkonsumsi ikan pada masyarakat kita masih kurang

\"Untuk itu, saya sangat mendukung penuh gerakan memasyarakatkan makan ikan, karena dengan gerakan ini masyarakat akan tersadar mengenai betapa pentingnya mengonsumsi ikan dan upaya gerakan memasyarakatkan makan ikan ini sudah jelas bukan hanya menjadi tanggung jawab kementerian kelautan saja, namun menjadi tugas seluruh komponen institusi, lembaga, dan masyarakat dalam rangka mempersiapkan generasi bangsa yang sehat dan cerdas,\" ungkapnya

Sementara Ono Surono, mengatakan, Kabupaten Indramayu merupakan daerah produksi perikanan tangkap dan perikanan budidaya terbesar di Jawa Barat, termasuk garam. Namun demikian, pengolahan ikan masih belum terlalu besar.

“Indramayu potensi perikanan dan kelautan terbesar di Jawa Barat, sehingga menjadi fokus kita bersama, agar bisa lebih baik kedepan,” ujarnya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat yang juga Ketua Umum Masyarakat Perikanan Nusantara (MPN) ini mengatakan, program tersebut bisa membantu gizi masyarakat, mencegah stunting, sehingga ini harus dilakukan dengan massif. Apalagi di Jawa Barat angka stunting cukup tinggi.

\"Misalnya, Ikan Etong dan Gombyang Manyung yang merupakan makanan paling khas di Indramayu, sehingga produk perikanan mempunyai nilai yang cukup tinggi,\" terangnya

Dikatakannya, orang yang suka makan ayam, biasanya suka juga dengan Ikan Etong, karena tekstur dagingnya yang juga lebih tebal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: