Momentum HUT Ke-79 RI, Indramayu Melangkah Maju di Era Kepemimpinan Nina Agustina

Senin 19-08-2024,09:46 WIB
Reporter : Burhannudin
Editor : Leni indarti hasyim

Dengan diperolehnya UHC ini pula, terkait kepesertaan masyarakat dalam BPJS, Pemerintah Kabupaten Indramayu mengeluarkan anggaran sebesar Rp88,7 miliar.

“Ini sebagai hadiah kepada masyarakat agar mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi dan semakin menyeluruh. Jadi bagi siapapun masyarakat yang ber KTP Indramayu, jika memerlukan pengobatan bisa datang langsung ke Puskesmas terdekat dengan hanya membawa KTP atau Kartu Keluarga,” kata Bupati Nina Agustina yang bertindak sebagai inpsektur upacara, Sabtu (17/8).

Selanjutnya, selama 3,5  tahun di bawah kepemimpinan Bupati Nina Agustina, Kabupaten Indramayu dalam beberapa indikator makro pembangunan mengalami peningkatan dari tahun ke tahun, diantaranya yaitu Indeks Pembangunan Manusia (IPM) pada tahun 2022 yaitu 69,52 dan di tahun 2023 meningkat menjadi 70,19 dengan kategori tinggi.

Selanjutnya, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) pada tahun 2023 yaitu 9,76%, tingkat pengangguran terbuka pada tahun 2023 yaitu 6,46%, pendapatan perkapita masyarakat pada tahun 2023 yaitu Rp10.580.000, dengan target RPJMD Rp10.105.000. Artinya, capaian-capaian tersebut sudah melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).  

BACA JUGA:Tanggapi Kasan Basari tentang Rekom, Lucky Hakim: Senyumin Aja!

Bupati Nina juga memaparkan capaian infrastruktur jalan kabupaten dengan kondisi baik tahun 2021 semula 84,39% kemudian di tahun 2023 sudah menjadi 88,73%.

Pembangunan di bidang pendidikan, yaitu rehabilitasi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama sebanyak 1.703 ruang, pembangunan ruang kelas baru SD dan SMP sebanyak 47 ruang, pembangunan dan rehabilitasi jamban sekolah sebanyak 898 unit serta sarana penunjang sekolah lainnya.

Sementara pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga telah mengalami peningkatan dari semula Rp529 miliar menjadi Rp629 miliar.

Bupati Nina menambahkan, Pemkab Indramayu juga telah melakukan rehabilitasi Rutilahu sebanyak 8.007 unit di wilayah Kabupaten Indramayu.

BACA JUGA:Indramayu Melangkah Lebih Maju di Era Kepemimpinan Bupati Nina Agustina

Hibah untuk guru Madrasah Diniyah Takmiliyah dan Diniyah Wustho sebesar Rp13 Miliar. Kemudian, memberikan hibah berupa tanah untuk Embarkasi Haji seluas 13 hektare, sehingga bermanfaat untuk mempermudah jamaah dalam mendapatkan layanan dan pembinaan yang diperlukan sebelum pemberangkatan haji.

Sebagai upaya untuk  menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indramayu, juga telah dilaksanaka groundbreaking pabrik sepatu di Kecamatan Krangkeng, juga groundbreaking Kawasan Peruntukan Industri (KPI) di Kecamatan Losarang seluas 300 hektare untuk tahap awal, dan sudah akan terisi sebanyak 8 tenan industri.

Upacara HUT ke-79 RI, dihadiri pimpinan Forkompinda, pimpinan dan anggota DPRD, sekretaris daerah, kepala SKPD, ASN, para veteran, pimpinan perguruan tinggi, pelajar, tokoh masyarakat serta unsur lainnya yang berada di wilayah Kabupaten Indramayu.

Pada kesempatan tersebut terdapat pula penampilan-penampilan yakni Paduan Suara Pemkab Indramayu, Polisi Cilik Dermayu, Tentara Cilik Dermayu, Marching Band, dan Tari Tradisional dan Modern Indramayu serta diserahkan beberapa penghargaan kepada yang berprestasi. (adv)

BACA JUGA:Bupati Nina Serahkan Sertifikat Tanah di Momentum HUT ke-79 RI

Kategori :