Mahasiswa KKN-T IPB Hadirkan Festival Anak Ceria Penuh Warna

Senin 29-07-2024,15:00 WIB
Reporter : Burhanudin
Editor : Leni indarti hasyim

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Dalam momen Hari Anak Nasional (HAN), Mahasiswa KKN-T IPB mengadakan Festival Anak Ceria di Satuan Paud Sejenis (SPS) Harapan Bangsa Desa Kalensari, Kecamatan Widasari, Kabupaten Indramayu, tanggal 21– 23 Juli 2024.

Peringatan HAN yang jatuh setiap tahunnya jatuh pada 23 Juli itu diperingati oleh lembaga pendidikan dengan beragam cara.

Seperti halnya dilakukan para Mahasiswa KKN-T IPB University berkolaborasi dengan SPS Harapan Bangsa

Salah satu mahasiswa KKN-T IPB di Desa Kalensari, Yayang Beriliana Tamara, mengatakan bahwa Hari Anak Nasional dirayakan sebagai pemenuhan atas hak untuk anak-anak tumbuh, berkembang dan berpartisipasi.

BACA JUGA:Bupati Indramayu Dukung Pelestarian Budaya di Unjungan Buyut Ireng

"Dikemas dengan berbagai kegiatan mulai dari lomba mewarnai tingkat TK dan SD, lomba menggambar tingkat SD dan lomba fashion show tingkat TK dan SD. Lomba-lomba tersebut diadakan agar dapat mengembangkan minat bakat setiap anak TK dan SD," ucapnya.

Yayang juga menambahkan bahwa lomba fashion show diadakan dengan pawai keliling desa.

"Ada juga pawai keliling desa, lomba fashion show, yang temanya berkaitan dengan Hari Anak Nasional," ujarnya.


Tamara berharap, dengan peringatan HAN ke-40 yang melibatkan orang tua dapat berdampak pada hubungan antara orang tua dengan anak juga semakin erat.

BACA JUGA:Dukung Program De-Kat, Warga Tinumpuk Pasang PJU di 27 Titik

Hal itu dapat terlihat dari persiapan kostum lomba fashion show yang sangat menawan.

Adapun tema yang diangkat membuat anak-anak mengenal budaya Indonesia yang sangat banyak.

Festival ini mempelajari cara mengembangkan minat bakat anak-anak serta dapat menumbuhkan jiwa nasionalisme pada anak-anak.

"Melalui festival yang kami adakan diharapkan anak-anak Desa Kalensari dapat lebih cinta kepada bangsa dan adat istiadat daerah sendiri," katanya.

BACA JUGA:Mobil Listrik Daihatsu me:MO Tampil di GIIAS 2024

Sementara itu, Perwakilan Guru SPS Harapan Bangsa Kalensari, Apip mengungkapkan ia sangat mengapresiasi dengan keterlibatan para Mahasiswa KKN Tematik IPB University dalam meriahkan Hari Anak Nasional di Desa Kalensari, yang disambut antusias baik oleh para siswa dan orang tua mereka.

Kemeriahan dalam festival anak ceria menunjukkan besarnya antusias dari para orang tua maupun anak-anak yang mengikuti acara tersebut.

"Adanya Festival ini membuat anak-anak menjadi senang dan meningkatkan rasa percaya diri sejak dini untuk tampil di depan umum," tuturnya.

Kegiatan itu pun disambut gembira para peserta acara, yang di dominasi anak-anak, mereka terlihat sangat antusias terhadap kegiatan tersebut, karena banyak anak yang memang memiliki hobi menggambar dan mewarnai.

BACA JUGA:Final Piala AFF U-19 Thailand vs Indonesia: Saatnya Ulangi Memori 2013 

"Seru sekali, senang dan gambarnya bagus walau sedikit cape mewarnai," kata salah satu anak, Rafa.

Kategori :