Abah Indra Thohir: Bobotoh adalah Quality Controlnya Persib, Apa Maksudnya?

Abah Indra Thohir: Bobotoh adalah Quality Controlnya Persib, Apa Maksudnya?

Pelatih legendaris Persib Bandung, Indra Thohir menyebut bahwa Bobotoh adalah quality control dari tim.-Istimewa - Tangkapan Layar-radarindramayu.id

Memang, Abah bukan pemain bola yang melegenda. Hanya saja dia sudah serius menggeluti dunia sepak bola ini sejak menuntaskan sekolahnya. 

Thohir muda mengenyam pendidikan di Akademi Pendidikan Djasmani (APD). Namanya sekarang lebih dikenal FPOK. Atau Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan di Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Dulu namanya Intitut Keguruan dan Ilmu Pendikan (IKIP) Bandung.

BACA JUGA:Ternyata Ini Alasan Arkhan Kaka Dicoret dari Skuad Timnas Indonesia U-20, Diminta Fokus di Klub Dulu?

BACA JUGA:Persib Terancam 3 Sanksi, Akibat Kerusuhan Penonton di Sijalak Harupat, Begini Janji Erick Thohir

Mulanya, Thohir muda memang tak cuma suka sepak bola. Hampir semua olahraga dia sukai. Bahkan dia juga merupakan pemain golf yang sangat handal.

Gara-gara menjadi pelatih teknik di Persib, Thohir akhirnya lebih dikenal ahli dalam bidang bola. Pada tahun 1989, Thohir kemudian ditunjuk sebagai pelatih Indonesia U-16. 

Pada tahun 1990, dia kembali ke Persib Bandung, menjadi assisten pelatih. Kemudian Abah Thohir menjadi pelatih di klub yang sama pada tahun 1993-1995. 

Pada tahun-tahun inilah, Nama Indra Thohir mejadi sangat terkenal. Kemampuannya dalam dunia juru taktik, tak diragukan lagi.

BACA JUGA:Tak Hanya Welber Jardim, 6 Pemain Ini Juga Dicoret Indra Sjafri dari Timnas Indonesia U-20 Piala Asia 2025

BACA JUGA:Tak Kunjung Direspon Sao Paulo, Indra Sjafri Putuskan untuk Coret Welber Jardim dari Timnas Indonesia U-20

Sebab, atas kepiawaian meramu para pemainnya, Persib Bandung mampu menjadi juara di Liga Indonesia tahun 1994/1995.

Ketika itu, pada 30 Juli 1995, Persib sukses menjadi juara usai menaklukkan Petrokimia Putera dalam partai final yang digelar di Stadion Utama Senayan. Atau Stadion Utama Gelora Bung Karno, sekarang.

Peristiwa itu merupakan gelar pertama bagi Persib. Terutama setelah kompetisi perserikatan dan galatama dilebur menjadi Liga Indonesia.

Dari tangan dingin Indra Thohir, pada tahun itu jadi era keemasan Persib. Dia mengasuh sederet nama beken dalam sepak bola Indonesia. Seperti Sutiono Lamso, Robby Darwis, Yusuf Bachtiar, Kekey Zakaria hingga Asep Sumantri.

BACA JUGA:Nina-Tobroni Dapat Nomor Urut Tiga, Siap Lanjutkan Pembangunan Indramayu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: