Hadiri Adat Unjungan Desa Jatisawit, Bupati Nina Dukung Pelestarian Budaya Daerah

Hadiri Adat Unjungan Desa Jatisawit, Bupati Nina Dukung Pelestarian Budaya Daerah

Bupati Nina Agustina disambut antusiasme masyarakat dalam kehadirannya di acara Unjungan Buyut Musang, Desa Jatisawit, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Sabtu (14/9/2024). -Foto: Istimewa.-radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID – Dalam upaya melestarikan budaya lokal dan mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat, Bupati Indramayu, Nina Agustina, secara langsung menghadiri acara adat Unjungan Buyut Mudang di Desa Jatisawit, Kecamatan Jatibarang, pada Sabtu (14/9/2024). 

Kehadiran Bupati Nina dalam acara adat ini menunjukkan kepeduliannya terhadap nilai-nilai kearifan lokal yang telah diwariskan oleh nenek moyang.

Ketua Pelaksana, Sugiarto, menyampaikan bahwa acara Unjungan Buyut Mudang merupakan tradisi turun-temurun yang sarat akan makna filosofis. Kegiatan ini bertujuan untuk menghormati leluhur, memohon berkah, serta memperkuat rasa kebersamaan di antara warga desa. 

Rangkaian kegiatan Unjungan Buyut Mudang diantaranya do’a bersama, pemotongan tumpeng, pagelaran budaya Wayang Kulit selama satu malam oleh Grup Langen Budaya, yang didalangi oleh H. Rusdi, dan ditutup dengan pesta kembang api.

Bupati Nina yang hadir di tengah-tengah masyarakat tampak antusias mengikuti seluruh rangkaian acara adat. Beliau berbaur dengan warga, ikut serta dalam prosesi adat, dan mendengarkan aspirasi dari warga setempat.

BACA JUGA:Pilkada 2024: Berkas Persyaratan Administrasi 3 Bapaslon Dinyatakan Memenuhi Syarat

Dalam sambutannya, Bupati Nina menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat Desa Jatisawit, yang telah berupaya menjaga kelestarian budaya lokal. 

“Acara adat seperti ini sangat penting untuk kita lestarikan. Ini adalah warisan budaya yang harus kita jaga dan kita wariskan kepada generasi mendatang,” ujar Bupati Nina.

Lebih lanjut, Bupati Nina juga memaparkan sejumlah program pembangunan yang telah dan akan dilaksanakan di Desa Jatisawit.

Beberapa di antaranya adalah pembangunan jalan desa dan jalan tanggul, perbaikan ruang kelas di SDN 3 Jatisawit, serta bantuan pembangunan masjid berupa 100 sak semen. 

Selain itu, Pemerintah Kabupaten Indramayu juga telah memberikan satu unit mobil Siaga untuk Desa Jatisawit, sebagai bentuk dukungan terhadap pelayanan masyarakat.

Kehadiran Bupati Nina dalam acara adat Unjungan Buyut Mudang ini mendapat sambutan hangat dari masyarakat Desa Jatisawit. 

BACA JUGA:Hasil Pertandingan Manchester United vs Southampton, MU Menang Telak 3-0 Atas Southampton

Mereka merasa bangga dan terharu atas perhatian yang diberikan oleh Bupati terhadap desa mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: