Mahasiswa KKN UINSSC Sukses Dongkrak UMKM di Desa Cikeusal

Mahasiswa KKN UINSSC Sukses Dongkrak UMKM di Desa Cikeusal

Proses pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) untuk mendongkrak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM warga Desa Cikeusal, Kecamatan Gempol, Kabupaten Indramayu, yang difasilitasi oleh mahasiswa KKN dari UINSSC (19/8/2024).-Foto: ist.-radarindramayu.id

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID – Sebanyak 15 mahasiswa asal Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati CIREBON (UINSSC) sukses melakukan pembinaan UMKM lokal masyarakat Desa Cikeusal, Kecamatan Gempol, Kabupaten CIREBON (19/8/2024).

Mengusung tema besar “Mengintegrasikan Ilmu dan Kehidupan” pada agenda KKN tahun 2024, Mahasiswa KKN Kelompok 158 ini melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha lokal, dengan digitalisasi guna menunjang produktivitas produsen Opak Singkong di Desa Cikeusal. 

Ketua kelompok KKN, Mizzatul Hayaty Amrullah, menjelaskan bahwa salah satu program unggulan menjelang penutupan kegiatan KKN kelompok 158, yakni memfasilitasi pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB), dan pembuatan logo produk.

“Selama kegiatan KKN berlangsung, kami melihat sektor opak singkong sangat memerlukan inovasi agar tidak tergerus oleh zaman. Mengingat juga masyarakat Desa Cikeusal masih banyak yang menggantungkan produksi opak sebagai sumber pendapatan sehari-hari,” terangnya. 

BACA JUGA:Polres Indramayu Perketat Patroli Malam, Cegah Kenakalan Remaja

Kaspari, Sekretaris Desa Cikeusal, mengucapkan terima kasih kepada mahasiswa atas kehadirannya yang sudah memberikan dampak positif. 

"Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa yang sudah turut berkegiatan di Desa Cikeusal, kami berpesan kepada para mahasiswa untuk terus menjalin erat tali silaturahmi meskipun sudah tidak lagi berkegiatan di Desa Cikeusal," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: