Karnaval Hari Jadi ke-496 Indramayu, Hasil Bumi Jadi Bancakan Warga

Karnaval Hari Jadi ke-496 Indramayu, Hasil Bumi Jadi Bancakan Warga

Salah seorang peserta Karnaval Hari Jadi ke-496 Kabupaten Indramayu-Utoyo Prie Achdi-Radar indramayu

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Karnaval Hari Jadi ke-496 Kabupaten Indramayu yang bertema Karnaval Ketahanan Pangan dan Seni Budaya berlangsung meriah, Rabu 4 Oktober 2023.

Warga turun memadati Jalan Ahmad Yani Indramayu, yang menjadi pusat kegiatan karnaval. Bahkan massa sulit ditertibkan dan memadati depan panggung utama. 

Karnaval yang dibuka Bupati Indramayu, Nina Agustina, menampilkan peserta dari SKPD, BUMD, perguruan tinggi, sekolah, serta dari 31 kecamatan  se-Kabupaten Indramayu

Mayoritas kecamatan menampilkan hasil bumi sesuai dengan tema karnaval. Mulai dari padi, mangga, kelapa, pisang, aneka macam sayur mayur, hingga ikan dan makanan khas masing-masing. 

BACA JUGA:Jenazah ABG Diduga Korban Pembunuhan Diautopsi, Polisi Ungkap Ciri-ciri Korban

BACA JUGA:Resep Nasi Goreng Seafood Enak, Begini Cara Masaknya, Dijamin Bakal Ketagihan

Mereka menyusun aneka hasil bumi menjadi semacam tumpeng, atau banyak juga yang memajang sayur mayur di kendaraan. Juga banyak yang diangkut langsing oleh peserta karnaval, baik laki-laki maupun perempuan, dengan dandanan yang menarik. 

Selain menampilkan hasil bumi, karnaval juga menampilkan aneka macam seni budaya khas Indramayu. 

Mulai dari tari topeng, jaran cecek (kuda lumping), sintren, buta-butaan, jaransn, ngarot, dan  masih banyak lagi. 

Yang menarik, karnaval hasil bumi ini justru menjadi bancakan warga. Usai peserta karnaval melewati panggung utama, dimana ada Bupati Indramayu dan pejabat lain, kendaraan pengangkut hasil bumi langsung diserbu warga. 

BACA JUGA:Turun Kejalan, PKL Desak Alun- Alun Majalengka Jadi Kawasan CFD

BACA JUGA:Plt Kepala DPMD Lantik Edi Jadi PAW Kuwu Mekarwaru 

Mereka saling berebut untuk mendapatkan aneka macam sayuran seperti kacang panjang, terong, tomat, kangkung, jagung, hingga kelapa, mangga, semangka, dan yang lainnya. 

Salah seorang warga, Tini, mengaku senang bisa mendapatkan berbagai macam sayuran, usai nonton karnaval. "Lumayan, nggak perlu beli ke pasar, " ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: