Bawaslu Ajak Mahasiswa Menjadi Mitra Strategis Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu Ajak Mahasiswa Menjadi Mitra Strategis Pengawasan Pemilu 2024

BAWASLU ON CAMPUS – Bawaslu blusukan ke kampus-kampus mensosialisasikan peraturan mengenai pengawasan partisipatif Pemilu 2024 lewat kegiatan Bawaslu On Campus.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Indramayu mengajak mahasiswa menjadi mitra strategis dalam mengawasi pelaksanaan tahapan Pemilu 2024.

Mahasiswa diminta berani memberikan saran, pendapat maupun kritik kepada penyelenggara Pemilu jika ada hal yang dianggap tidak sesuai dengan peraturan.

Hal itu dikatakan Ketua Bawaslu Kabupaten Indramayu, Nurhadi SPd usai kegiatan Bawaslu on Campus di Fakultas Hukum Universitas Wiralodra Indramayu, kemarin.

"Ketika partisipasi mahasiswa aktif dalam melaporkan setiap dugaan pelanggaran, maka kualitas keadilan pemilu juga meningkat. Karena itu, Bawaslu terus berupaya meningkatkan partisipasi mahasiswa untuk ikut dalam pengawasan pemilu atau sebagai mitra strategis Bawaslu, guna melakukan pencegahan terjadinya pelanggaran pemilu," terangnya.

BACA JUGA:GAWAT! Tanggul Pembuangan Kalianyar Cilet Kritis, Rawan Jebol

BACA JUGA:Sukses Kolaborasikan Konser & Charity, BSI Pertegas Langkah Perjalanan Mahakarya untuk Indonesia

Senada disampaikan anggota Bawaslu Kabupaten Indramayu, Chaidar. Dia menyatakan pentingnya peran publik dalam pengawasan Pemilu 2024. Sebab, publik juga memiliki tanggung jawab secara moral untuk ikut membangun demokrasi yang berkualitas.

“Apalagi mahasiswa Fakultas Hukum yang mempunyai jiwa kritis dan mampu menganalisa regulasi dengan baik ” ujarnya.

Koordinator Divisi SDM, Organisais dan Diklat Bawaslu Indramayu, Yati Nurhayati juga mengajak mahasiswa ikut serta terlibat secara aktif  dalam pengawasan partisipatif pada Pemilu 2024.

Dia mencontohkan, bagaimana pengawasan partisipatif dalam tahapan coklit bisa dilakukan. Yakni dengan memeriksa apakah seluruh anggota keluarga yang mempunyai hak pilih sudah terdata dan dicoklit.

BACA JUGA:Lucky Hakim Tegaskan Pengunduran Diri Atas Kehendak Pribadi, DPRD Segera Kirim Surat ke Mendagri

BACA JUGA:Pohon di Parkiran SMKN 1 Anjatan Tumbang, Timpa Motor Siswa

Sementara itu, Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Supriadi SHI menjelaskan, kegiatan Bawaslu on Campus bertujuan untuk membangun kesadaran bersama. Khususnya mahasiswa untuk mewujudkan Pemilu 2024 berjalan dengan baik, jujur, adil dan berkualitas.

BACA JUGA:Gelapkan Uang Arisan Senilai Rp1,5 Miliar, Pasutri Ini Harus Masuk Bui

BACA JUGA:Warga Diduga Hilang Tenggelam di Sungai Cipunegara Belum Ditemukan, Pencarian Dilanjut Besok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: