Liga 1 Tetap Bergulir Selama Piala AFF 2024, PT LIB Pastikan Kompetisi Tak Terganggu

Sabtu 26-10-2024,17:23 WIB
Reporter : Sulthan Al muzakky
Editor : Sulthan Al muzakky

RADARINDRAMAYU.ID - Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, memastikan Liga 1 2024/2025 tidak akan diliburkan selama Timnas Indonesia bertanding di Piala AFF 2024.

Meski biasanya kompetisi sepak bola berhenti untuk memberi ruang bagi ajang internasional, kali ini keputusan berbeda diambil. Hal ini dilakukan agar Liga 1 dapat berjalan sesuai jadwal tanpa mengalami penundaan yang berlarut-larut.

PT LIB, sebagai operator kompetisi, memutuskan untuk tetap menggelar pertandingan Liga 1 selama Piala AFF berlangsung, yang akan dimulai dari 8 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

Ferry Paulus menjelaskan, Liga 1 akan berhenti hanya pada saat menjelang FIFA Match Day (FMD), yaitu sekitar empat hari sebelum jadwal FMD.

BACA JUGA:Deklarasi Ratusan Guru Honorer Dukung Nina-Tobroni: Komitmen untuk Pendidikan yang Lebih Baik

BACA JUGA:Pulih dari Cedera Gustavo Franca Siap Tampil Maksimal di Laga Persib Bandung vs Persik Kediri

"Jalan terus liga, kita berhenti kalau sudah H-4 FIFA Match Day (FMD). Selebihnya jalan terus untuk U-20, U-17," kata Ferry.

Pernyataan tersebut mengindikasikan bahwa liga akan tetap berlangsung seperti biasa selama Piala AFF, kecuali jika bertepatan dengan agenda FMD.

Dalam hal ini, PSSI menetapkan kebijakan untuk memanggil pemain timnas H-4 sebelum FMD, yang berarti timnas memiliki waktu persiapan lebih sebelum jeda internasional berlangsung.

Keputusan untuk tidak meliburkan Liga 1 pada Piala AFF 2024 diambil mengingat banyaknya jeda yang sudah terjadi di Liga 1 karena FIFA Match Day.

BACA JUGA:Berkat Performa Ciamiknya, Miliano Jonathans Jadi Buruan Klub-Klub Besar di Belanda

BACA JUGA:Sultan Sejak Lahir! Sisi Lain Sosok Maarten Paes Si Anak Konglomerat Asal Belanda

Terlalu banyaknya jeda pertandingan dianggap dapat mengganggu ritme kompetisi dan molornya penyelesaian liga.

Oleh karena itu, PT LIB berupaya agar kompetisi bisa selesai tepat waktu. Situasi ini berbeda dengan SEA Games 2025, yang akan digelar pada 7 hingga 19 Desember 2025. Untuk ajang tersebut, Liga 1 kemungkinan besar akan dihentikan sementara.

PSSI juga memastikan bahwa Timnas Indonesia yang akan bertanding di Piala AFF 2024 adalah Timnas U-22. Tim ini dipersiapkan untuk SEA Games 2025 mendatang, dengan fokus pada pemain muda untuk mendapatkan pengalaman lebih.

Kategori :