Naturalisasi Kevin Diks Paling Cepat November dan Paling Lama Maret 2025, PSSI: Target Sebelum Lawan Jepang

Kamis 17-10-2024,18:23 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.ID - Proses naturalisasi Kevin Diks saat ini masih belum menemui titik terang, Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa saat ini prosesnya terhambat karena situasi politik di DPR yang sedang dalam masa transisi.

PSSI menargetkan naturalisasi Kevin Diks paling cepat November, namun karena ada satu dua hal maka bisa saja diundur hingga Maret 2025 tahun depan.

"Kita tahu bahwa sekarang di DPR itu masih tahap proses karena pemerintahan baru. Sekarang di DPR belum ada komisi-komisi. Kalau sekarang, kami juga bingung mau ke komisi berapa karena ada perubahan itu," jelas Arya Sinulingga kepada wartawan.

Ia menambahkan bahwa proses naturalisasi Kevin Diks belum selesai karena DPR belum menandatangani dokumen-dokumen yang diperlukan.

BACA JUGA:Shin Tae-yong Jelaskan Alasan Thom Haye Jadi Cadangan Saat Laga Kontra China, 'Dia Belum Bisa Main 90 Menit'

Selain itu, Arya juga menyinggung adanya peralihan kepemimpinan antara Presiden Jokowi dan Prabowo, yang dapat mempengaruhi kelancaran proses tersebut. "Mudah-mudahan semua lancar dan prosesnya berjalan baik," ujarnya berharap.

PSSI sendiri berusaha untuk mempercepat proses ini agar Kevin Diks bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam laga melawan Jepang pada November mendatang.

Namun, Arya mengakui bahwa Maret 2025 adalah waktu yang lebih realistis untuk kepastian tampilnya Diks.

"Kami coba kejar H-7 sebelum pertandingan (vs Jepang). Tapi kami optimisnya di Maret 2025. Kami juga akan berjuang maksimal semoga November bisa, tapi tetap optimisnya di Maret 2025," ucap Arya.

BACA JUGA:Blak-blakan Ungkap Ini! Shin Tae-yong Komentar Soal Peluang Kevin Diks Debut di Bulan November

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, juga turut mengomentari situasi ini. Ia belum bisa memastikan apakah pemain FC Copenhagen itu akan siap untuk tampil di bulan November, mengingat proses naturalisasi yang belum rampung.

"Kevin Diks bisa atau tidak main di November, saya tidak bisa memutuskannya," ujar Shin Tae-yong. "Karena saya bukan yang urus administrasinya, jujur saya tidak mengerti," tambahnya dengan jujur mengenai ketidakpastian administratif yang melibatkan pemain tersebut.

Meski begitu, Shin Tae-yong tetap menyuarakan harapannya agar Kevin Diks bisa segera memperkuat Timnas Indonesia dalam waktu dekat. "Secara pribadi, saya harap Kevin Diks bisa main November nanti," ungkap pelatih asal Korea Selatan ini kepada para wartawan, Kamis (17/10/2024).

Diketahui bahwa Kevin Diks telah mengunjungi Jakarta beberapa waktu lalu untuk bertemu dengan Ketua Umum PSSI, Erick Thohir.

BACA JUGA:Arya Sinulingga Beri Tanggapan Soal Bahrain Minta Laga Lawan Indonesia Digelar di Lokasi Netral

Kehadiran Diks di Jakarta diharapkan mempercepat proses perpindahan kewarganegaraannya dari Belanda ke Indonesia, meskipun hingga saat ini belum ada kabar pasti mengenai kapan proses tersebut akan selesai.

Jika proses naturalisasinya berjalan lancar, besar kemungkinan ia bisa memperkuat Timnas di laga-laga penting mendatang terutama untuk melawan Jepang bulan November mendatang, namun untuk saat ini, kepastian baru bisa diharapkan pada Maret 2025.

Kategori :