Terseok-seok Ranking FIFA Indonesia Turun 3 Poin Imbas Kalah dari China, Masih Optimis Raih Posisi 100 Dunia?

Kamis 17-10-2024,11:42 WIB
Reporter : Rafly W
Editor : Rafly W

RADARINDRAMAYU.ID - Ranking FIFA Timnas Indonesia kini kembali terseok-seok. Padahal sebelumnya sempat meraih tren positif walaupun didapat dari hasil imbang.

Apes bagi Garuda yang kalah dengan China 2-1, di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Praktis anak asuh Shin Tae-yong meraih tren negatif yang berdampak pada ranking dunia. 

Asa untuk meraih peringkat ke-100 dunia kembali menipis, sebab diketahui pasukan merah putih turun 3 peringkat dari posisi sebelumnya ada di angka ke-127.

Kekalahan melawan Tiongkok, membuat Indonesia harus kembali mengevaluasi komposisi pemain. Sebab tren negatif ini secepatnya harus dialihkan kembali menjadi tren positif. 

BACA JUGA:Turun 3 Ranking, Peringkat FIFA Indonesia Pasca Ditundukan China di Qingdao, Terjun Bebas

Prediksi awal Indonesia vs China, tim asuhan Shin Tae-yong lebih dijagokan lantaran memiliki track record yang lebih baik daripada China.

Indonesia meraih 3 hasil imbang, dari 3 lawan seperti Arab Saudi, Australia, dan Bahrain. Sementara itu traktir record China lebih parah lagi.

Dari 3 pertandingan, China kalah semua, dari awal dibantai Jepang, ditekuk Arab Saudi, dan digasak Australia.

Namun, karena berhasil meraih 1 kemenangan atas Indonesia, alhasil China meraih 3 poin yang setidaknya bisa mengamankan tempat di posisi klasemen.

BACA JUGA:Warga Desa Sukahaji Blok Cangkingan Apresiasi Pembangunan Jalan oleh Bupati Nina Agustina

Poin atas ranking FIFA Indonesia yang dikalahkan China dengan skor 2-1, mendadak turun drastis setara 3 peringkat dari tempat sebelumnya. 

Untuk gambarannya, China meraih +9,69 (1257,29) poin karena memang, sedangkan Indonesia harus kehilangan -9,69 poin (1118,87).

Pun setelah hasil laga tersebut, ranking dunia China naik 1 peringkat dari ke-94 jadi ke-93. Sedangkan Indonesia kehilangan 3 peringkat, dari ke-127 jari ke-130.

Atas kekalahan ini pula, kenaikan ranking FIFA skuad Garuda kembali terseok-seok, dan kembali turun secara kurang mengenakan. 

BACA JUGA:Wonderkid Keturunan Depok, Miliano Jonathan Beri Kode Buka Peluang Perkuat Timnas Indonesia

Kategori :