Profil Ahmed Al Kaf, Ternyata Wasit Botak Asal Oman Satu ini Memang Sudah Tidak Memiliki Integritas yang Baik

Jumat 11-10-2024,20:02 WIB
Reporter : Fathah
Editor : Fathah

RADARINDRAMAYU.ID - Dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026, wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, kembali menuai sorotan setelah beberapa keputusannya dalam pertandingan antara Timnas Indonesia melawan Bahrain dianggap kontroversial.

Kejadian ini memicu reaksi keras dari pemain, offisial, dan pendukung Indonesia, yang merasa dirugikan oleh kepemimpinan Al Kaf selama laga tersebut.

Profil Singkat Ahmed Al Kaf

Ahmed Al Kaf, wasit yang lahir pada 6 Maret 1983 di Oman, telah memiliki lisensi FIFA sejak 2010 dan dikenal sebagai salah satu wasit yang sering memimpin pertandingan internasional penting.

Sejak menjalani karier sebagai wasit, ia telah memimpin 114 pertandingan dan mencatatkan total 343 kartu kuning serta 10 kartu merah.

BACA JUGA:Putar Balikan Fakta! Akun Instagram Official Timnas Bahrain Unggah Postingan Goal Penyelamat Menit 90+6

Meski dikenal sebagai wasit yang tegas, Al Kaf sering kali mendapat kritik karena beberapa keputusannya yang kontroversial.

Kontroversi Perpanjangan Waktu

Salah satu keputusan yang menjadi sorotan dalam pertandingan Indonesia melawan Bahrain adalah soal perpanjangan waktu. Pada babak kedua, wasit memberikan tambahan waktu 6 menit.

Namun, Al Kaf tidak segera meniup peluit akhir, dan laga terus berjalan hingga menit ke-100.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh Bahrain untuk mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-98, yang dicurigai offside oleh pihak Indonesia.

BACA JUGA:Move On dari Drama 2-2 Bahrain, Timnas Indonesia Langsung Terbang ke China untuk Laga Selanjutnya

Kekecewaan muncul karena gol tersebut tidak ditinjau secara jelas melalui VAR, berbeda dengan gol yang dicetak Timnas Indonesia yang langsung diperiksa dengan cermat.

Ketiadaan transparansi dalam keputusan VAR semakin memicu kemarahan pihak Indonesia yang merasa bahwa mereka dirugikan oleh wasit.

Penggunaan VAR yang Dipertanyakan

Kategori :