Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Resmi Jadi Bagian WNI, Siap Bermain Melawan Bahrain dan China di Kualifikasi

Senin 30-09-2024,20:58 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.ID - Setelah penantian panjang akhirnya Mees Hilgers dan Eliano Reijnders resmi jadi bagian WNI, siap bermain melawan bahran dan china di kualifikasi pildun mendatang.

Kedua pesepakbola ini resmi mengucapkan sumpah setia sebagai warga negara Indonesia (WNI) di Brussel, Belgia, pada Senin (30/9), sehingga mereka siap memperkuat Timnas Indonesia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Erick menjelaskan bahwa percepatan pengurusan status WNI bagi Mees dan Eliano bukanlah sesuatu yang luar biasa, melainkan bentuk fleksibilitas mengingat waktu dan kebutuhan mendesak Timnas Indonesia menjelang pertandingan melawan Bahrain dan China.

"Saya berterima kasih kepada semua pihak, mulai dari Presiden Jokowi, Komisi III dan VI DPR, Dirjen AHU dan Dirjen Imigrasi, serta Dukcapil DKI Jakarta yang memungkinkan percepatan sumpah WNI dua pemain naturalisasi kita, Mees dan Eliano. Mengapa harus dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain itu tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah harus di Indonesia, sementara kami berharap keduanya sudah bisa bermain saat Timnas berlaga melawan Bahrain dan China, Oktober nanti. Ini kerja sama semua pihak, dan saya bangga karena semua bekerja demi Indonesia," ujar Erick Thohir di Jakarta, Senin (30/9).

BACA JUGA:PSSI Banyak Duit, Maarten Paes Masuk ke 5 Besar Jajaran Kiper Termahal di Asia Saat Ini, Shin Tae-yong Bangga!

Proses pewarganegaraan ini dilakukan dengan cepat. Mulai dari pembahasan di Komisi III dan VI DPR pada Kamis (26/9), yang langsung mengesahkan persetujuan naturalisasi kedua pemain tersebut.

Kemudian, di hari yang sama, Erick Thohir bertemu dengan Menteri Hukum dan HAM, Supratman Andi Agtas, untuk membahas pengambilan sumpah WNI di luar negeri. Hal ini diikuti oleh penerbitan Keputusan Presiden yang memungkinkan sumpah setia Mees dan Eliano sebagai WNI dilaksanakan di Belgia.

Upacara pengambilan sumpah tersebut dihadiri oleh Dirjen AHU, Cahyo Rahadian Muzhar, serta Dubes RI untuk Belgia dan Uni Eropa, Andri Hadi. Anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, juga turut hadir sebagai saksi dari pihak PSSI.

Erick Thohir menaruh harapan penuh pada kehadiran Mees dan Eliano dalam Timnas Indonesia. Menurutnya, dengan masuknya dua pemain yang berkompetisi di klub-klub papan atas Eropa, kekuatan Timnas Indonesia akan semakin meningkat, terutama dalam laga tandang yang krusial melawan Bahrain pada 10 Oktober dan China pada 15 Oktober 2024.

BACA JUGA:Pelantikan Pimpinan Definitif DPRD Kabupaten Indramayu Masih Menunggu SK Gubernur

"Saya sangat berharap dukungan yang sudah diberikan maksimal dari semua pihak akan makin memperkuat timnas di dua laga tandang yang sangat krusial melawan tim Bahrain dan China. Saya optimistis, coach Shin akan punya strategi dan game plan baru dengan kehadiran dua pemain yang merupakan andalan di klubnya masing-masing," lanjut Erick.

Eliano Reijnders, gelandang PEC Zwolle di Eredivisie Belanda, merupakan adik kandung dari pemain AC Milan, Tijjani Reijnders.

Pemain berdarah Ambon ini lahir dari ibu berdarah Indonesia, Angelina Syane Lekatompessy, yang berasal dari Jakarta.

Di sisi lain, Mees Hilgers, bek utama FC Twente, memiliki darah Indonesia dari sang ibu, Linda Tombeng, yang berasal dari Sulawesi Utara. Penampilannya yang tangguh, termasuk saat membantu Twente menahan imbang Manchester United 1-1 di Europa League, membuatnya diharapkan menjadi benteng pertahanan Timnas Indonesia.

Kategori :