Jairo Riedewald Beri Kode Naturalisasi dengan Menambahkan Bendera Merah Putih di Bio Instagram Miliknya

Selasa 27-08-2024,18:00 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARINDRAMAYU.COM- Mantan pemain Ajax Amsterdam dan Crystal Palace, Jairo Riedewald, tampaknya memberikan isyarat kuat bahwa ia akan segera bergabung dengan Timnas Indonesia.

Jairo Riedewald beri kode naturalisasi dengan mengunggah bendera merah putih dalam bio instagram pribadi miliknya.

Siapakah sebenarnya pemain asal Belanda Jairo Riedewald ini?

Jairo Jocqulm Riedewald, yang lahir di Haarlem, Belanda, pada 9 September 1996, baru-baru ini membuat gebrakan di media sosial.

BACA JUGA:Ini 5 Masker Wajah Alami yang Bisa Dibuat Sendiri di Rumah, Lengkap dengan Cara Membuatnya!

Pada Selasa (27/8/2024), ia memperbarui bio profil Instagram-nya @jriedewald dengan menambahkan bendera Merah Putih, sebuah langkah yang memperkuat spekulasi bahwa ia bersedia membela Timnas Indonesia.

Langkah ini semakin memperkuat indikasi bahwa mantan pemain Premier League tersebut tertarik untuk bergabung dengan skuat Garuda.

Secara peraturan FIFA, meskipun pernah membela Timnas Belanda, Riedewald masih memenuhi syarat untuk bermain bagi Timnas Indonesia.

Dalam peraturan tersebut, dijelaskan bahwa pemain yang telah tampil di laga internasional tipe A tidak dapat berpindah federasi setelah usia 21 tahun.

BACA JUGA:RESMI! Kiper Terbaik PSIS Semarang, Muhammad Adi Satryo Dipanggil STY dan PSSI untuk Perkuat Gawang Timnas

Namun, karena Riedewald saat ini bermain di Liga Belgia bersama Royal Antwerp dan belum melampaui batas usia tersebut, ia masih bisa membela Indonesia.

Sementara itu, anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga, mengungkapkan bahwa pada September 2024 akan ada pemain yang datang untuk mengurus naturalisasi.

Meskipun Arya tidak mengungkapkan identitas pemain tersebut, spekulasi pun bermunculan. Nama-nama seperti Ole Romeny, Mees Hilgers, Mauro Ziljstra, dan Jairo Riedewald masuk dalam daftar pemain yang diduga akan segera berganti kewarganegaraan dan memperkuat Timnas Indonesia.

Rencana naturalisasi Jairo sebenarnya sudah terdengar sejak awal 2024. Hal ini diperkuat oleh pernyataan anggota Komite Disiplin PSSI, Hasani Abdulgani, yang mengaku dihubungi seseorang yang memiliki hubungan keluarga dengan pemain berusia 27 tahun tersebut.

BACA JUGA:GARUDA CALLING! Jay Idzes Resmi Dipanggil Timnas Indonesia, PSSI: 'Kondisinya Baik-baik Saja'

"Apakah ada dalam proses ini? Ada. Tapi seperti biasa, kami tidak akan beritahu. Proses dokumen sudah kita siapkan," ujar Arya melalui kanal YouTube-nya.

Seperti halnya beberapa pemain Belanda lainnya yang telah dinaturalisasi, seperti Thom Haye, Sandy Walsh, Calvin Verdonk, atau Maarten Paes, Jairo juga memiliki pengalaman bermain di tim junior Oranye.

Namun, Arya menambahkan bahwa pemain yang bersangkutan harus datang ke Indonesia terlebih dahulu untuk menyelesaikan proses administrasi.

"Masalahnya, mereka harus ke Indonesia dahulu. Ada proses yang harus dilalui, administrasi dan sebagainya. Jadi mereka harus tetap ke Indonesia, tanggal 5 September baru bisa datang karena ada FIFA Matchday," tutup Arya.

Kategori :