PSSI Secara Resmi Mengumumkan Maarten Paes Belum Bisa Bermain Melawan Arab Saudi, Kapan Bisa Main?

Kamis 22-08-2024,05:57 WIB
Reporter : Farhan
Editor : Farhan

RADARKUNINGAN.COM- Belakangan ini publik dihebohkan dengan resminya Maarten Paes bisa bergabung ke skuad garuda muda untuk pertandingan kualifikasi piala dunia mendatang.

Namun kabar baik ini rupanya tidak berlangsung lama, pasalnya PSSI secara resmi mengumumkan Maarten Paes belum bisa bermain melawan Arab Saudi mendatang.

Pada tanggal 18 Agustus yang lalu, Maarten Paes secara resmi telah berpindah asosiasi dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia).

Keputusan ini menandai langkah besar dalam kariernya, karena kiper yang kini bermain untuk FC Dallas tersebut akhirnya memiliki kesempatan untuk membela lambang garuda di dada, terutama dalam putaran ketiga yang akan datang.

BACA JUGA:Rekomendasi Penginapan Terbaik untuk Staycation di Indramayu, Mulai Dari yang Mewah Hingga Terjangkau

Namun, harapan untuk segera melihat Paes beraksi bersama Timnas Indonesia harus tertunda. Kepastian absennya Paes pada laga kontra Arab Saudi diungkapkan oleh salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI, Arya Sinulingga. Menurut Arya, Paes terkendala oleh aturan AFC yang menghalanginya tampil di pertandingan tersebut.

Melansir dari channel YouTube pribadi miliknya, ada salah satu peraturan dari Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang membuat Paes batal bermain saat berlaga melawan Arab Saudi.

Arya menjelaskan bahwa PSSI harus mendaftarkan pemain yang akan bermain dalam laga perdana Grup C pada 5 Agustus lalu.

"AFC menyatakan bahwa pemain harus didaftarkan untuk pertandingan pertama pada tanggal 5 Agustus 2024. Sementara itu, proses perpindahan Maarten Paes baru selesai pada 18 Agustus," ungkap Arya dalam siniar BebAS di kanal YouTube miliknya.

BACA JUGA:Waduh! PSSI Pastikan Maarten Paes Absen saat Melawan Arab Saudi, Ternyata Aturan AFC yang Jadi Penyebabnya

Ia melanjutkan, "Jadi, Maarten Paes belum bisa dimainkan untuk laga melawan Arab Saudi."

Meski begitu, Arya meminta para pecinta sepak bola Indonesia untuk tidak khawatir. Paes dipastikan bisa turun bermain pada laga berikutnya melawan Australia, yang dijadwalkan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 10 September mendatang.

"Aturan AFC berikutnya menyebutkan bahwa untuk pertandingan kedua hingga kesepuluh, pendaftaran pemain harus dilakukan tujuh hari sebelum laga," jelas Arya lebih lanjut.

"Kita akan melawan Australia pada tanggal 10 September, jadi batas pendaftarannya adalah 3 September. Dengan demikian, Maarten Paes sudah didaftarkan dan dipastikan bisa bermain saat melawan Australia," tutupnya dengan penuh keyakinan.

BACA JUGA:Prahara Lini Belakang Timnas Indonesia Jelang Pertandingan di Arab Saudi, Pratama Arhan hingga Justin Hubner

Beberapa netizen pun turut berkomentar atas kekecewaan ini, diantaranya:

"Kecewa sih Paes nggak bisa main lawan Arab Saudi, tapi kalau bisa lawan Australia sih udah cukup"

"Buat yang kecewa, sabar ya. Main lawan Australia lebih penting kok"

Kategori :