Mahasiswa KKN Berupaya Meningkatkan Literasi Digital Anak-anak di Desa Cikeusal

Senin 19-08-2024,22:33 WIB
Reporter : Burhannudin
Editor : Leni Indarti Hasyim

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - 15 mahasiswa asal Universitas Islam Negeri Siber Syekh Nurjati Cirebon (UINSSC), yang tergabung dalam kelompok 158 Kuliah Kerja Nyata (KKN), berusaha meningkatkan literasi digital anak-anak di Desa Cikeusal, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon (19/8/2024).

"Kami menyelenggarakan pelatihan kepada anak-anak di SDN 1 dan SDN 2 Desa Cikeusal, berupa pemanfaatan teknologi untuk media pembelajaran," ujar Syarifah Kamalia, salah satu anggota KKN UINSSC Kelompok 158.

Sementara itu, Anggie Setianingrum selaku pemateri dalam program KKN pelatihan digitalisasi, menyampaikan tujuan diadakannya kegiatan tersebut. 

“Kami memandang aspek pendidikan digital dirasa perlu khususnya untuk anak-anak usia sekolah dasar, hal ini dalam rangka mempersiapkan anak-anak untuk melanjutkan ke jenjang Pendidikan yang lebih tinggi,” tegasnya. 

Melalui kegiatan tersebut, mahasiswa KKN memberikan pelatihan tentang pengenalan cara menggunakan aplikasi Office seperti MS. Word, MS. Power Point, G-Form, dan Penggunaan Aplikasi Quizz sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. 

BACA JUGA:Polres Indramayu Perketat Patroli Malam, Cegah Kenakalan Remaja

Kegiatan tersebut juga direkomendasikan oleh mahasiswa KKN 158, kepada Tenaga Pendidik untuk memanfaatkan teknologi sebagai sarana pembelajaran.

Dengan semangat dan dedikasi yang tinggi, kelompok KKN 158 UINSSC telah berhasil membawa perubahan positif di Desa Cikeusal. 

Melalui berbagai program yang berfokus pada kesehatan, pengembangan UMKM, dan pemanfaatan teknologi dalam pendidikan, mereka tidak hanya memberikan kontribusi nyata, tetapi juga meninggalkan jejak yang mendalam di hati masyarakat. 

Acara penutupan (juga berlangsung pada 19 Agustus 2024), yang penuh haru dan kebanggaan menjadi penanda berakhirnya perjalanan mereka di Desa Cikeusal. 

Kategori :