Yayasan Bina Islami Indramayu Konsisten Tingkatkan SDM di Bumi Wiralodra

Rabu 06-09-2023,14:00 WIB
Reporter : Anang Syahroni
Editor : Leni indarti hasyim

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Sebagai salah satu yayasan yang menaungi bidang Pendidikan Tinggi (PT) terutama di Kabupaten Indramayu, yakni Institut Teknologi Petroleum Balongan, Yayasan Bina Islami Indramayu konsisten meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bumi Wiralodra.

Hal itu dibuktikan oleh Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB), yang sukses mencetak para lulusan yang andal, memiliki life skill yang mumpuni, serta siap kerja.

Selain itu, para lulusan juga diberikan pembekalan yang memadai agar dapat bersaing di era digital. Inilah membuat lulusan ITPB banyak terserap pada sektor Industri perusahaan migas dan nonmigas kelas nasional maupun internasional.

Ketua Yayasan Bina Islami Indramayu Dr H Nahdudin Islami MSi MPd mengatakan, sejak mendirikan pendidikan tinggi di Kabupaten Indramayu pada tahun 2002 silam, yakni Akademi Minyak dan Gas (Akamigas) Balongan yang kini telah bertranformasi menjadi Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB), pihaknya tetap konsisten untuk terus meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) di Bumi Wiralodra dengan mengedepankan perkembangan teknologi.

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Timnas Indonesia U-23 di Kualifikasi Piala Asia 2024. Jangan Lupa Nonton!

BACA JUGA:DPMD Gelar Sosialisasi Panduan Laporan Keuangan BUMDes

Dikatakan Nahdudin, sejak adanya perusahaan Migas PT Pertamina di Balongan, Yayasan Bina Islami Indramayu mulai mendirikan pendidikan tinggi di Kabupaten Indramayu yang konsentrasi pada bidang keahlian minyak dan gas (Migas) yakni Akademi Minyak dan Gas (Akamigas) Balongan.

Maka dengan hadirnya Akamigas Balongan pada saat itu, dan kini telah berubah menjadi Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB) di Kabupaten Indramayu menjadi sarana bagi masyarakat Kabupaten Indramayu untuk menempuh pendidikan tingginya di sektor migas.

Sehingga, lanjutnya, masyarakat Indramayu terutama generasi muda yang menjadi penerus masa depan Kabupaten Indramayu dapat mengambil peran di sektor perusahaan migas dan nonmigas yang ada di daerahnya, baik itu skala nasional dan internasional.

“Saya sebagai putra  daerah menjadi pewaris pendiri Indramayu di masa depan, mulai berpikir untuk mendirikan perguruan tinggi berbasis alam sebagai persiapan memberikan pendidikan tinggi bagi generasi muda yang berfokus pada sektor migas,” tutur Nahdudin.

BACA JUGA:Combine Harvester Datang, Tukang Grabag Meradang

BACA JUGA:Cegah Keterlibatan Dalam Judi Online, HP Anggota Polisi Diperiksa

Dengan bertranformasinya Akamigas Balongan menjadi Institut Teknologi Petroleum Balongan (ITPB) pada tahun 2022, terdapat 2 fakultas yaitu Fakultas Vokasi (D3) terdiri dari 3 program studi (prodi) diantaranya Teknik Perminyakan, Fire and Safety, dan Teknik Kimia. Dan Fakultas Teknik (S1) terdiri dari 3 prodi yakni Teknik Perminyakan, Rekayasan Keselamatan Kebakaran, dan Teknik Lingkungan.

Diungkapkan Nahdudin, dengan adanya pendidikan tinggi Strata 1 (S1) di ITPB, menjadi bukti bahwa Yayasan Bina Islami Indramayu melalui pendidikan tinggi di bawah naungan yayasan, terus berkontribusi dalam membangun peradaban dan meningkatkan mutu SDM di Kabupaten Indramayu agar lebih maju.

Kehadiran ITPB, kata Nahdudin, jadi sarana untuk mempersiapkan generasi muda di Kabupaten Indramayu, sehingga mereka dapat berkiprah di perusahan-perusahan migas kelas nasional dan internasional.

Kategori :