Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadhan 1444 H Jatuh Hari Kamis 23 Maret

Arab Saudi Tetapkan 1 Ramadhan 1444 H Jatuh Hari Kamis 23 Maret

Ilustrasi Masjid Islamic Center Indramayu, Jawa Barat-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Pemerintah Arab Saudi mengumumkan tanggal 1 Ramadhan 1444 H atau hari pertama puasa jatuh pada hari Kamis, 23 Maret 2023.

Hal tersebut berdasarkan keputusan Mahkamah Agung Saudi yang telah memutuskan bahwa bulan Syaban dalam kalender Islam akan segera berakhir hari ini, Rabu 22 Maret 2023.

Dilansir dari Kantor berita Saudi Press Agency (SPA) melaporkan bahwa pihak berwenang telah meminta warga mencoba melihat bulan sabit yang menandai dimulainya Ramadan, tetapi tidak terlihat.

Selain Arab Saudi,sejumlah negara mayoritas Islam Sunni lainnya termasuk Mesir dan Qatar juga telah mengumumkan bahwa tanggal 1 Ramadhan 1444 H akan dimulai pada Kamis, 23 Maret 2023. Termasuk juga pemerintah Palestina.

BACA JUGA:Kemenag Gelar Rukyatul Hilal Ramadan 1444 H di 124 Lokasi

BACA JUGA:Raffi Ahmad Akui VC Mimi Bayu, Begini Klarifikasinya

Sementara pmerintah negara lainnya seperti pemerintah Yordania, Aljazair, Maroko, hingga Indonesia baru akan memutuskan tanggal 1 Ramadan hari ini.

Dikutip dari AFP, penetapan tanggal 1 Ramadhan, bulan suci umat Islam, memang ditentukan oleh perhitungan bulan dan penampakan fisiknya.

Jadi jangan heran ketika penetapan bulan baru dalam Islam terutama bulan Ramadhan berbeda antara satu negara dengan negara lainnya.

Selama bulan Ramadhan, pemerintah Saudi menerapkan sejumlah aturan baru, di mana ibadah puasa dipatuhi secara ketat di negara itu.

BACA JUGA:Bupati Nina Minta Kejati Usut Tuntas Kredit Macet 141 Miliar, Itu Bukan Era Saya

Salah satu aturan ketat itu yakni kebijakan restoran dan tempat makan lainnya harus tutup hingga waktu berbuka puasa tiba selama Ramadan.

Di Indonesia sudah menjadi hal yang lumrah adanya perbedaan awal bulan hijriah. Termasuk bedanya awal bulan Ramadhan. Sempat terjadi sebagian muslim di Indonesia sudah mulai puasa sementara yang lainnya belum. Hal ini juga berimbas pada penentuan hari Raya Idul Fitri dan Idul Adha.

Contohnya pada puasa Ramadhan 1443 H atau tahun 2022 lalu. Sebagian muslimin ada yang sudah puasa di tanggal 2 April 2022. Sementara pemerintah menetapkan awal Ramadhan jatuh pada keesokan harinya, 3 April 2022.

Dikutip dari laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia, jadwal puasa Ramadhan yang berbeda terjadi lantaran adanya perbedaan dalam memahami nash (dalil) dan metode pengambilan hukumnya (istinbath).

Bagaimana dengan awal Ramadhan 2023 atau 1444 Hijriah tahun ini di Indonesia? Seperti dikutip dari detikHikmah, kemungkinan besar umat Islam akan berbarengan menjalankan puasa Ramadhan 2023. Ini disampaikan oleh Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Syamsul Anwar.(oet)

BACA JUGA:Kemenag Gelar Rukyatul Hilal Ramadan 1444 H di 124 Lokasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: