Overseas Program 2023, 24 Pelajar Global Mandiri School Study Tour Ke Tiga Negara

Overseas Program 2023, 24 Pelajar Global Mandiri School Study Tour Ke Tiga Negara

PERDANA – Sebanyak 24 pelajar GMS Patrol mengikuti Overseas Program 2023. Acara pelepasan peserta program perdana study tour ke tiga negara ASEAN itu dilangsungkan, Kamis (16/2).-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Global Mandiri School (GMS) Patrol melepas sebanyak 24 pelajar peserta Overseas Program 2023, Kamis (16/2).

Sebuah program kunjungan ke Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) serta study tour ke tiga negara tetangga yakni Singapura, Malaysia dan Thailand.

Acara pelepasan ditandai dengan pengguntingan pita secara bersama-sama oleh Kabid SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Indramayu Eti Herawati MPd yang diwakili Pengawas Pembina SMP, Hj Wati Rosanah MPd.

Turut mendampingi, Sekretaris Camat Patrol, Bagus Asep Trisnadi SE, Ka Kwarran Pramuka Patrol, Carli SPd SD, pengurus Yayasan Pendidikan Mitra Buana, para kepala TK, SD, SMP serta SMA GMS Patrol dan sejumlah tamu undangan.

BACA JUGA:Penemuan Sosok Bayi di Teras Rumah Warga Kapetakan, Begini

BACA JUGA:Lucky Hakim Mundur, Ridwan Kamil Akan Panggil Nina dan Lucky

Para orang tua siswa peserta program perdana tersebut juga hadir pada acara yang digelar semarak bertempat di lapangan serbaguna GMS Patrol tersebut.

Kepala SMP GMS Patrol, M Amirudin Hamid MPd mengatakan, Overseas Program 2023 ini baru pertama kali dilaksanakan. Menjadi salah satu program unggulan, sejak Global Mandiri Junior High School Patrol operasional tahun 2016 lalu.

Tidak hanya pelajar SMP, tapi pula diikuti peserta didik SD GMS Patrol. Kegiatan ini bersifat sukarela, tidak ada paksaan kepada orang tua wali murid.

Kunjungan ketiga negara di ASEAN itu akan berlangsung selama sepekan sampai Minggu (26/2). Lawatan akan dimulai pada Senin (20/2) nanti.

BACA JUGA:Kanwil III KPPU dan Perum Bulog Kanwil Jabar Bahas Stok Pangan

BACA JUGA:Mobil Masuk Jurang di Jalur Nasional Cikijing – Kuningan

“Program ini diikuti sebanyak 20 peserta didik SMP, 4 SD ditambah tiga guru pendamping. Ini pelaksanaan perdana, dan alhamdulillah direspon antusias orang tua murid. Insha Allah akan menjadi agenda tahunan SMP GMS Patrol,” kata dia.

Amirudin Hamid menjelaskan, Overseas Program ini bertujuan untuk membuka wawasan dan menambah pengetahuan internasional peserta didik.

Siswa akan diajak untuk mengenal ragam budaya, habit, dan kultur di negara lain yang sistem pendidikan dan teknologinya sudah maju. Mendapatkan pengalaman perjalanan ke luar negeri pertama kali, sekaligus melatih tanggung jawab, disiplin, dan kemandirian mereka.

Tidak hanya Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, peserta juga akan diajak mengunjungi Songkla University Thailand dan beberapa destinasi edukasi maupun objek wisata lainnya.

BACA JUGA:Biaya Haji Tahun 2023 Disepakati Naik Menjadi Rp49,8 Juta

BACA JUGA:Polres Masih Lakukan Operasi Keselamatan Lodaya 2023. Jadwal SIM Keliling Hari Ini Ada di Pasar Kertasmaya

Lebih dari itu, peserta Overseas Program 2023 pelajar GMS Patrol juga membawa misi kebudayaan. Memperkenalkan dan mempromosikan budaya tradisional Kabupaten Indramayu ketika kunjungan di tiga negara tersebut.

“Disana anak-anak kami akan menampilkan tari Sintren dan Randu Kentir sebagai penampilan seni dan budaya khas Kabupaten Indramayu. Jadi ada misi kebudayaan daerah yang juga kami bawa,” terangnya.

Ditambahkan, Overseas Program akan terus dikembangkan dan dilaksanakan reguler setiap tahunnya. Dengan berbagai evaluasi maupun inovasi. Agar tahun-tahun berikutnya dapat lebih baik lagi dalam perencanaan maupun dalam pelaksanaannya.

Sementara itu, Pengawas Pembina SMP, Hj Wati Rosanah MPd memberikan apresiasi program yang diadakan SMP GMS Patrol tersebut. Dia menilai, program study tour ke luar negeri ini akan sangat bermanfaat bagi para peserta didik.

BACA JUGA:Polres Masih Lakukan Operasi Keselamatan Lodaya 2023. Jadwal SIM Keliling Hari Ini Ada di Pasar Kertasmaya

Sebab dapat membuka wawasan internasional serta memberikan pengalaman langsung bagi siswa untuk mempelajari dunia pendidikan sekaligus mengenal budaya di ketiga negara maju tersebut.

“Overseas Program ini dapat membentuk karakter, membuka cakrawala berpikir para siswa untuk menghadapi zaman yang semakin global. Semoga ini bisa menjadi bekal bagi peserta didik untuk menggapai cita-cita mereka setinggi-tingginya. Jadi orang tua murid tidak salah menyekolahkan anak-anak ke Global Mandiri School ini,” jelasnya.

BACA JUGA:Wakil Ketua DPRD Amroni: Apresiasi Kinerja Bupati Nina dan Ajak Dukung Visi Bermartabat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: