Terbesar, Bupati Nina Agustina Anggarkan 13 Miliar untuk Guru MDT

Terbesar, Bupati Nina Agustina Anggarkan 13 Miliar untuk Guru MDT

SIMBOLIS: Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA, secara simbolis menyerahkan insentif bagi guru MDT di Kabupaten Indramayu selama 4 bulan, Pemkab Indramayu tahun ini menganggarkan dana isentif bagi guru MDTa senilai Rp 13 Miliyar.--radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID – Peningkatan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Indramayu terus menjadi komitmen Bupati Nina Agustina. Salah satunya adalah peningkatan kualitas pendidikan keagamaan, melalui pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliyah (MDT), yang diawali dengan peningkatan kualitas guru.

Peningkatan kualitas guru MDT yang berhimpun dalam wadah Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (FKDT), ditunjukkan dengan pemberian hibah berupa insentif kepada guru-guru MDT. 

Pada tahun anggaran 2024 ini nilainya mencapai 13 miliar. Jumlah tersebut digadang-gadang menjadi anggaran terbesar di Indonesia untuk hibah FKDT.

Bupati Indramayu Hj Nina Agustina SH MH CRA mengatakan, Madrasah Diniyah Takmiliyah merupakan pendidikan non formal yang dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan masyarakat, dengan pendidikan dan ilmu agama. 

BACA JUGA:KPU Bakal Rekrut Belasan Ribu Petugas KPPS di Pilkada 2024

Karenanya, FKDT mempunyai peran yang penting untuk mewujudkan generasi yang baik, dengan ditunjang sumber daya manusia yang unggul dan berakhlak agar terwujud generasi bermartabat.

Bantuan hibah sebesar 13 miliar dari APBD Kabupaten Indramayu kepada guru madrasah telah diatur oleh Peraturan Bupati nomor 6 tahun 2023, tentang bantuan pendidikan FKDT dalam bentuk hibah untuk guru madrasah, dan Keputusan Bupati Indramayu tentang besaran dana hibah tanggal 6 Februari 2023.

"Dana hibah ini supaya dipergunakan dengan baik dan dipertanggungjawabkan. Ini merupakan penyemangat untuk memajukan pendidikan di Indramayu, dalam mendukung dan mewujudkan visi Indramayu Bermartabat," ucap Bupati Nina. 

Sementara itu, menurut Ketua FKDT Kabupaten Indramayu, Aspuri, respon dan perhatian Bupati Nina Agustina terhadap  guru-guru MDT sangat luar biasa. 

Pemberian hibah berupa insentif merupakan bukti bahwa pimpinan daerah sangat memperhatikan kehidupan para guru madrasah, dan berharap akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan guru madrasah.

BACA JUGA:Beneran ke Belanda! Thom Haye RESMI Berlabuh ke Almere City, Ternyata Ini Alasannya..

Menurut dia, Saat ini di Kabupaten Indramayu terdapat 992 MDT yang terdiri dari 973 Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) dan 19 Madrasah Diniyah Takmiliyah Wustha (MDTW). 

Sedangkan  jumlah total siswa yang tengah belajar sebanyak 98.190 siswa dengan jumlah total guru sebanyak 6.087 orang. 

Dari jumlah guru tersebut, sebanyak 3.611 guru yang mendapatkan hibah insentif dari APBD Indramayu sebesar Rp300.000,- per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: