Menimbang Para Calon Pemimpin

Menimbang Para Calon Pemimpin

Abu Fahmi, Aktivis Sekolah Alam Indramayu.--radarindramayu.id

RADARINDRAMAYU.ID - Masyarakat Indramayu tentu sudah tahu bahwa waktu pilkada sudah semakin dekat. 27 November 2024 kita akan memilih Pemimpin. Bupati (Kepala Daerah). Kita saksikan baliho bertebaran di mana-mana. Bukan hanya incumbent, tapi juga beberapa tokoh lainnya, yang sudah dikenal luas kiprahnya di masyarakat, turut serta meramaikan bursa bakal calon Pemimpin di Indramayu

Walaupun akhirnya, karena ada aturan main, sebagian hanya sampai sebatas bakal calon. Ini cukup menggembirakan, karena menunjukkan bahwa kita tidak kekurangan calon pemimpin

Tinggal pilih mana yang sekiranya akan membawa maslahat yang lebih banyak bagi kemajuan masyarakat indramayu. Sebagai masyarakat yang peduli terhadap kemajuan daerahnya, sudah sewajarnya kita berpartisipasi aktif dalam ajang pilkada ini. Apalagi kalau kita merasa sebagai muslim. 

Islam sangat menekankan perlunya kepemimpinan, sampai-sampai kalau ada dua orang yang sedang melakukan perjalanan jauh maka salah satunya harus dijadikan pemimpin. 

BACA JUGA:MTs Sekolah Alam Indramayu Sukses Gelar Perjumsa di Pantai Cemara Indah

Apalagi dalam wilayah yang dihuni banyak orang, dan tentu banyak urusan yang harus diselesaikan, tentu lebih perlu lagi adanya pemimpin. 

Dapat dikatakan bahwa memilih pemimpin merupakan perintah agama. Kepemimpinan dalam Islam memiliki landasan yang kuat dalam ajaran Al-Qur'an dan Sunnah.

Prinsip-prinsip kepemimpinan ini mengarahkan seorang pemimpin untuk bertindak adil, bertanggung jawab, dan berfokus pada kesejahteraan umat. 

Oleh karena itu, kita sebagai warga masyarakat perlu kiranya memiliki pemahaman tentang beberapa aspek penting kepemimpinan dalam Islam, supaya dijadikan pertimbangan dalam memilih pemimpin. 

Walaupun pada dasarnya seringkali kita memilih yang kita kenal. Tapi tunggu dulu, coba ukur dengan kriteria berikut ini;

1. Amanah (Tanggung Jawab).

Kepemimpinan dalam Islam dianggap sebagai amanah (kepercayaan) dari Allah SWT. Seorang pemimpin harus menjalankan amanah ini dengan penuh tanggung jawab, menjaga kepentingan umat, dan tidak menyalahgunakannya untuk keuntungan pribadi. 

BACA JUGA:Migrant CARE: Pendidikan Dasar Koperasi Tingkatkan Kualitas Koperasi Konsumen di Indramayu

Setiap pemimpin harus menjalankan tugasnya dengan kesadaran penuh akan tanggung jawab yang diembannya. Apakah pilihan kita akan memiliki sifat seperti ini?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: