Tiga Posyandu Jadi Kandidat Terbaik

Tiga Posyandu Jadi Kandidat Terbaik

PENILAIAN: Tim Penilai Lomba Posyandu Kabupaten Indramayu melakukan penilaian pada salah satu kandidat Posyandu terbaik di Kabupaten Indramayu, kemarin. -istimewa-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu mengadakan Lomba Posyandu tingkat kabupaten.

Setelah dilakukan penilaian klarifikasi lapangan oleh tim penilai lomba terdapat tiga posyandu di Kabupaten Indramayu menjadi calon kandidat pos pelayanan terpadu (Posyandu) terbaik di Kabupaten Indramayu tahun 2024.

Kepala Bidang Kelembagaan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan, Erwin Pujadi mengatakan, Posyandu yang dilombakan adalah yang berstatus Posyandu mandiri, terintegrasi, dan multifungsi dalam berbagai kegiatannya.

Menurutnya, setelah dilakukan klarifikasi lapangan tahapan dan penilaian lomba terdapat tiga kandidat Posyandu terbaik di Kabupaten Indramayu, yakni Posyandu Mawar V Desa Jayamulya Kecamatan Kroya, Posyandu Kelapa 2 Desa Karangtumaritis Kecamatan Haurgeulis dan Posyandu Sawo Desa Karanggetas Kecamatan Bangodua.

BACA JUGA:Bupati Nina Minta Pertamina untuk Mengkonversi Lahan Sawah Terdampak Eksplorasi

“Nantinya Posyandu terbaik sebagai juara akan menularkan ilmunya kepada Posyandu lain, sehingga kemampuan kader Posyandu di Kabupaten Indramayu akan merata,” ujarnya, akhir pekan kemarin.
Erwin beharap, dengan lomba ini diharapkan terjadi revitalisasi Posyandu yang semakin baik.

“Keberadaan Posyandu harus mampu menyediakan layanan yang dibutuhkan masyarakat, seperti perbaikan gizi dan kesehatan, pendidikan dan perkembangan anak, peningkatan ekonomi keluarga, hingga ketahanan pangan dan kesejahteraan sosial,” bebernya.

Adapun penilaian lomba Posyandu meliputi 5 indikator, yakni administrasi, hari buka dan kemampuan kader Posyandu, peran serta masyarakat terhadap hasil kegiatan Posyandu dan peran tim Pokjanal (Kelompok Kerja Operasional) Posyandu, program inovasi dan pelayanan, serta pembinaan Posyandu.

“Alhamdulillah semua tahapan sudah kita lakukan, dan 3 Posyandu terbaik sudah kita dapatkan. Kita nantikan penilaian hasil dewan juri siapa yang akan menjadi juaranya,” tuturnya. (oni)

BACA JUGA:Bakal Calon Bupati H Bambang Hermanto Jalin Komunikasi Politik dengan Partai Gerindra

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: