Serentak, Kampus Muhammadiyah Aksi Bela Palestina

Serentak, Kampus Muhammadiyah Aksi Bela Palestina

Ratusan mahasiswa UMC menggelar aksi bela Palestina pada Selasa, 7 Mei 2024. -Cecep Nacepi-RADAR INDRAMAYU

CIREBON, RADARINDRAMAYU.ID - Ratusan kampus Muhammadiyah se Indonesia menggelar aksi Bela Palestina sekaligus Kutuk Israel, Selasa (7/5/2024).

Aksi bela Palestina ini sesuai surat Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah yang disebar ke semua kampus Muhammadiyah dan Aisyiyah se Indonesia. Dalam instruksi tersebut, aksi dilakukan secara serentak jam 10.00 sesuai zona waktu di wilayah masing-masing.

Di wilayah Cirebon, aksi dilakukan di Kampus UMC (Universitas Muhammadiyah Cirebon) di Watubelah, Kabupaten Cirebon, dan Stikes Muhammadiyah di Kalitanjung, Kota Cirebon.

Pantauan radarindramayu.id di Kampus UMC, ratusan mahasiswa dan dosen turun langsung mengutuk Israel yang melakukan pembunuhan terhadap rakyat Palestina.

BACA JUGA:Disduk P3A Kolaborasi Polres Indramayu Wujudkan Kabupaten Layak Anak

“Palestina sangat berjasa kepada kita (Indonesia, red). Dulu Palestina memobilisasi negara-negar Arab untuk mengakui kemerdekaan Indonesia. Tentunya ini harus menjadi sesuatu yang kita bela, karena kita tidak boleh lupa sejarah," kata Rektor UMC, Arif Nurudin.

Arif mengatakan solidaritas dan kepedulian kepada rakyat Palestina jangan pernah padam. “Kepedulian terhadap kemanusiaan ini sedikit berkurang. Makanya kita menyemangati lagi dengan 172 perguruan tinggi Muhmadiyah dan Aisiyah melakukan aksi dari Sabang sampai Merauke," ujarnya.

Dijelaskan Arif, selain aksi unjuk rasa, pihaknya juga menggalang donasi sekaligus melakukan diplomasi melalui forum yang sudah ada, seperti Forum Rektor Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Nantinya, forum tersebut yang akan mendorong pemerintah agar melakukan diplomasi untuk menghentikan agresi Israel terhadap Palestina.

BACA JUGA:22 Kloter Mulai Bergerak dari Indonesia ke Arab Saudi pada 12 Mei 2024

Di akhir aksi unjuk rasa tersebut, hadir Bupati Cirebon H Imron MAg. Orang nomor satu di Kabupaten Cirebon itu memberikan orasi sekaligus menyemangati para mahasiswa untuk bersama-sama peduli dan membantu warga Palestina.

Di lokasi aksi, Bupati Imron langsung memberikan donasi sebagai bentuk dukungan kepada Palestina. Ia langsung memanggil mahasiswa yang saat itu sedang mengumpulkan donasi. "Ada kotak donasi, di mana," tanya bupati, kemudian memberikan uang untuk didonasikan.

Sementara pantauan di Stikes Muhammadiyah Cirebon, ratusan civitas akademika menggelar aksi dukungan terhadap Palestina di halaman kampus setempat.

“Aksi ini untuk memberikan dukungan kepada rakyat Palestina serta mengutuk keras genosida Israel,” terang Sri Musfiroh SSIT MKes, Ketua Stikes Muhammadiyah Cirebon.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: