Konstalasi Politik Jelang Pilkada Mulai Memanas, Balon Bupati Sudah Bermunculan

Konstalasi Politik Jelang Pilkada Mulai Memanas, Balon Bupati Sudah Bermunculan

--

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.COM – Konstalasi politik menjelang pemilihan kepala daerah (Pilkada) yang tinggal beberapa bulan lagi kini mulai memanas. Sejumlah kandidat bakal calon (balon) Bupati Indramayu periode 2025-2030 mulai bermunculan.

Mereka sudah ambil ancang-ancang untuk melakukan sosialisasi di tengah masyarakat Indramayu. Diantara balon Bupati yang sudah santer namanya bakal digadang-gadang maju adalah Daniel Muttaqien.

Putra mantan Bupati Indramayu Dr H Irianto MD Syafiuddin alias Bung Yance. Ia tentunya akan diusung oleh Partai Golkar dan Daniel saat ini terpilih menjadi anggota DPR RI. Berdasarkan hasil penghitungan suara Pemilu 2024 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu, Golkar sudah bisa mengusung pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) sendiri tanpa harus berkoalisi.

Meski pada Pemilu sekarang Partai Golkar hanya memperoleh 14 kursi. Selanjutnya partai pemenang Pemilu 2024 ini yaitu PDI Perjuangan juga sama tidak butuh berkoalisi dengan partai lainnya dengan perolehan 12 kursi di DPRD Indramayu.

BACA JUGA:Pikap Pembawa Rombongan Pengajian Asal Eretan Kulon Tabrak Pohon, 3 Meninggal, 9 Luka- Luka

Partai belambang kepala banteng moncong putih ini sudah dipastikan bakal mengusung kader terbaiknya. Ia adalah Nina Agustina, untuk yang kedua kalinya. Hal ini sudah disampaikan oleh Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono yang menyatakan akan mengusung Nina Agustina pada Pilkada 2024 mendatang.

Sementara di tubuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sendiri sampai sekarang kelihatannya belum berpikir ke arah sana. Meski mantan Wakil Bupati Indramayu H Dedi Wahidi saat ini kembali terpilih sebagai anggota DPR RI. Juga Ketua DPC PKB Amroni kembali terpilih sebagai caleg DPRD Indramayu dari dapil 2 Indramayu.

Dedii Wahidi yang juga Politisi senior yang selama ini selalu bersama dengan Bupati Nina Agustina dalam membangun Indramayu. Ia sepertinya lebih nyaman untuk berkiprah di DPR RI. Namun tidak menuntut kemungkinan, pemilik Kampus Hijau Kaplongan Karangampel ini bakal mengusung putra terbaiknya sendiri di tubuh PKB.

Siapa dia..?  Caleg DPRD Provinsi Jawa Barat terpilih dari Dapil Jabar 12 yaitu Tobroni SPd MPd. Salah satu caleg wajah baru dengan perolehan suara tetinggi jika dibandingkan dengan yang lainnya. Secara hitung-hitungan politik, jika PKB akan maju pada Pilkada. Juga ada nama Amroni mempunyai peluang besar untuk maju  balon Bupati Indramayu.

BACA JUGA:ABH Dibekali Pelatihan Wirausaha

Bagaimana dengan nama H Suwarto yang gambarnya sudah terpasang di seluruh pelosok Kota Indramayu. Juragan kapal yang konon katanya bakal diusung oleh PKB. Ini baru sebatas wacana karena sampai hari ini partai pimpinan Cawapres Muhamin Iskandar atau Cak Imin ini belum membicarakan kandidat cabup dan cawabup. Tapi yang jelas ada peluang besar jika PKB tak mengusung kadernya sendiri.

Balon Bupati lain yang santer dibicarakan adalah munculnya nama Lucky Hakim. Ia adalah ketua NasDem Kabupaten Indramayu. Meski NasDem hanya mampu maraih 2 kursi DPRD Indramayu, namun tidak menuntut kemungkinan untuk menjajagi koalisi dengan partai lainnya. Nanti kita lihat saja ke depan peta politik akan seperti apa jelang Pilkada yang rencananya akan dihelat bulan November 2024 mendatang.

Disamping itu, dua nama dari Partai Gerindra juga mulai santer diperbincangkan. Baik di kalangan internal partai maupun di tengah masyarakat. Keduanya adalah Ketua DPC Partai Gerindra Indramayu, H Kasan Basari. Sementara nama lainnya adalah Wakil Ketua Bidang OKK DPC Partai Gerindra Fressha Rezkana.

Fressha adalah pengusaha muda sukses dan saat ini ia terpilih sebagai caleg DPRD Indramayu dari dapil 3 Indramayu. Mahasiswa Paska Sarjana Fakultas Hukum Unwir ini meraih suara terbanyak jika dibandingkan dengan caleg lainnya. Fressha ini bakal menjadi pesaing berat bagi H Kasan Basari. Gambar Fressha pun sudah banyak tersebar dipasangkan sebagai bakal calon wakil bupati dengan pasangan balon Bupati Indramayu.

BACA JUGA:Pasokan dan Penyaluran BBM, LPG, dan Avtur di Wilayah Regional Jawa Bagian Barat Dipastikan Aman

Dari hasil penghitungan suara Pemilu 2024 yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indramayu. Yakni ada tiga parpol yang sudah bisa mengusung pasangan calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) sendiri tanpa harus berkoalisi.

Ketiga partai politik adalah Partai Golkar (14 kursi), PDI Perjuangan (12 kursi), dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebanyqk 10 kursi.

Hal ini berdasarkan Pasal 40 ayat (1) UU Pilkada menyebutkan, “Partai Politik atau gabungan Partai Politik dapat mendaftarkan pasangan calon jika telah memenuhi persyaratan perolehan paling sedikit 20% dari jumlah kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau 25% dari akumulasi perolehan suara sah dalam pemilihan umum anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah di daerah yang bersangkutan.

Di luar ketiga parpol tersebut, gabungan parpol juga bisa mengajukan pasangan dengan melakukan koalisi. Yakni Partai Gerindra (6 kursi), PKS (3 kursi), Demokrat (2 kursi), NasDem (2 kursi) dan Perindo (1 kursi). (dun/kom)

BACA JUGA:Berbagai Macam Kejadian saat Ramadan 2024: Bobo Bareng sampai Tawuran Konten

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: