Sri Sultan Hamengku Buwono X Tetap Netral Usai Ditemui Capres dan Cawapres Prabowo– Gibran, Ini yang Dibahas

Sri Sultan Hamengku Buwono X Tetap Netral Usai Ditemui Capres dan Cawapres Prabowo– Gibran, Ini yang Dibahas

KUNJUNGAN: Pasangan Capres-Cawapres Prabowo-Gibran ke Yogyakarta melakukan kunjungan silaturahmi ke Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, di Kantor Gubernur Yogyakarta. -istimewa-RADAR INDRAMAYU

JOGJAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID  – Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan pasangan calon presiden (capres) – calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 2, Prabowo – Gibran di Gedhong Wilis Kompleks Kepatihan, Senin (22/1) kemarin. Mengutip laman resmi Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, dirinya membahas berbagai hal, termasuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

 

“Kita bersama Pak Prabowo, bersama Pak Gibran, ini silaturahmi saja. Ngobrol–ngobrol saja, ngobrol macam-macam, tapi kita tidak ada pembahasan yang khusus. Untuk Pilpres, kampanye, dan sebagainya ya monggo, karena saya bukan bagian dari itu,” ujar Gubernur DIY sekaligus pemegang takhta Kesultanan Yogyakarta tersebut.

 

Prabowo Subianto pun membenarkan hal tersebut. Selain itu, ia menuturkan meminta pandangan Sri Sultan terhadap berbagai persoalan terutama masa depan dan kepemimpinan.

 

“Jadi sesuai budaya kita, kalau mau masuk ke suatu tempat kami datang ke yang paling tua. Jadi kami mohon izin gitu untuk masuk ke DIY,” katanya.

BACA JUGA:Tiga Desa Diterjang Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak

 

Kenetralan Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam kontestasi Pemilu 2024 pun ditegaskan oleh Koordinator Substansi Hubungan Masyarakat, Biro Umum, Hubungan Masyarakat dan Protokol Setda DIY, Ditya Nanaryo Aji. Ia mengatakan tidak ada yang istimewa dari pertemuan Gubernur DIY tersebut dengan Pasangan Capres–Cawapres Nomor Urut 2 tersebut. Ia juga menuturkan jika Sri Sultan Hamengku Buwono selalu terbuka untuk menerima siapa pun yang hendak bersilaturahmi.

 

“Beliau ini kan terhitung dituakan di Indonesia. Wajar kalau banyak yang ingin bertemu untuk minta wejangan, termasuk pasangan Capres Cawapres. Ini bukan yang pertama. Desember kemarin capres nomor urut 3 juga sowan. Bahkan di Pilpres 2019 lalu pun juga kedua capres sowan. Tidak ada masalah, tetap diterima, tetap netral,” ujar Ditya.

 

Ditya pun mengungkapkan adanya kemungkinan paslon nomor urut 1 juga datang untuk menemui Sultan Keraton Yogyakarta tersebut. Ia pun memastikan jika mereka datang Sri Sultan Hamengku Buwono X juga akan menerima kunjungan mereka.

 

Ia pun mengatakan sikap netral Gubernur DIY menjadi dasar dalam menerima kunjungan para paslon Pilpres 2024.

BACA JUGA:Ribuan Surat Suara Rusak, KPU Lakukan Perakitan Logistik

 

Sebelumnya, capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo telah bersilaturahmi dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Rabu (27/12) di Kantor Gubernur Yogyakarta. "Silaturahmi, kebetulan dari Solo ada acara di sini, sudah janji sama beliau dulu mau silaturahmi baru bisa ada kesempatan hari ini ngobrol banyak hal," kata Ganjar usai pertemuan.

 

Dalam pertemuannya dengan Sri Sultan HB X, Ganjar mengaku membahas situasi bangsa saat ini. Ganjar juga menyebut diberi wejangan oleh Sri Sultan HB X.  "Tentang perkembangan bangsa dan negara. Saya kan sekolah di sini, lama di sini, beliau sesepuh yang banyak nasihatnya. Situasi kondisi hari ini yang harus kita jaga kondusivitas. Intinya itu saja," ungkap Ganjar. (jpnn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: