Ketidakpedulian Terhadap Perubahan Iklim : Hasil Survei Menunjukan Generasi COP Lebih Tenang

Ketidakpedulian Terhadap Perubahan Iklim : Hasil Survei Menunjukan Generasi COP Lebih Tenang

PT Epson Indonesia-ist-RADAR INDRAMAYU

RADARINDRAMAYU.ID, EPSON - Meskipun suhu global mencapai rekor tertinggi, bencana banjir dan kebakaran hutan yang dahsyat tahun ini, hampir separuh dari peserta muda dalam sebuah survei global besar di 39 negara percaya bahwa mereka secara pribadi akan terhindar dari bencana iklim selama hidup mereka.

Laporan tahunan ketiga Climate Reality Barometer dari Seiko Epson Corporation, yang mensurvei lebih dari 30.000 orang, menemukan bahwa hampir 49 persen responden berusia 16 hingga 29 tahun "sangat optimis" atau "agak optimis" bahwa mereka tidak akan terkena dampak dari peristiwa seperti banjir, kekeringan, atau tanah longsor, dan jumlah tersebut menurun menjadi hanya 32 persen untuk peserta berusia 55 tahun ke atas.

Kenaikan biaya merupakan kekhawatiran yang lebih besar daripada pemanasan global bagi mereka yang berusia 29 tahun ke bawah, meskipun perubahan iklim merupakan isu utama bagi mereka yang berusia 30 tahun ke atas.

Laporan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih luas mengenai pandangan generasi muda yang lahir sejak tahun 1995, saat PBB mengadakan konferensi iklim pertamanya, pertemuan tahunan yang dikenal sebagai COP. Survei menemukan bahwa "generasi COP" ini tidak merasakan krisis yang sama seperti kelompok yang lebih tua. Keakraban yang meluas dengan perubahan iklim dan kepercayaan terhadap solusi berbasis teknologi mungkin berkontribusi pada rasa urgensi yang lebih rendah, kata Chief Executive Officer Seiko Epson, Yasunori Ogawa, dalam sebuah wawancara.

BACA JUGA:Kang Guru Abas Buka Peringatan Hari Lahir Yayaysan Ibu Hj Chodijah (Yabujah) ke-43

"Generasi muda, khususnya generasi ini, telah hidup di bawah pemanasan global sejak lahir, sehingga mereka mungkin tidak merasa begitu terancam oleh perubahan tersebut," katanya dalam sebuah wawancara. Kesenjangan antara persepsi dan realitas atmosfer adalah sebuah risiko dan membutuhkan lebih banyak edukasi, menurut Ogawa.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa banyak orang mungkin tidak sepenuhnya memahami konsekuensi dan lintasan iklim bumi berdasarkan tingkat emisi saat ini dari pembakaran bahan bakar fosil.

Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres mengatakan pada bulan September bahwa "umat manusia telah membuka pintu gerbang menuju neraka" dan mengatakan bahwa tindakan segera diperlukan untuk mencegah kenaikan suhu 2,8 derajat Celcius yang akan berdampak secara tidak proporsional pada kelompok termiskin di dunia.

Perubahan iklim telah memperburuk inflasi dan peristiwa cuaca ekstrem seperti kekeringan, banjir, dan suhu yang lebih panas akan berdampak pada pertanian, sehingga memberikan lebih banyak tekanan pada pasokan pangan seiring dengan percepatan pemanasan global. Kenaikan suhu dapat meningkatkan inflasi pangan tahunan antara 0,9 persen dan 3,2 persen per tahun pada tahun 2035, menurut laporan dari Bank Sentral Eropa.

BACA JUGA:Wow! Objek Wisata Talaga Langit Diserbu Wisatawan Liburan Nataru

Seiko Epson, produsen teknologi yang terkenal dengan printernya, telah melakukan survei setiap tahun sejak 2021 karena berupaya memahami sikap dan ekspektasi konsumen di berbagai pasar secara global. Laporan ini dilakukan oleh Opinion Matters.

Banyak responden mengatakan bahwa mereka telah melakukan perubahan perilaku dan mengurangi konsumsi untuk membantu mengatasi perubahan iklim. Di semua kelompok usia, hampir 38 persen mengatakan bahwa mereka mengurangi perjalanan internasional untuk bekerja dan bersenang-senang, dan sekitar 30 persen mengatakan bahwa mereka berencana untuk melakukan perubahan ini di masa depan. Hampir 20 persen melaporkan bahwa mereka telah beralih ke kendaraan listrik dan 51 persen mengatakan bahwa mereka berharap untuk melakukannya di masa depan.

BACA JUGA:Rafting Penutup HUT Ke-24 Radar Cirebon Jaga Kekompakan, Siap Sambut 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: