Patriot Desa Tebar Ribuan Bibit Pohon

Patriot Desa Tebar Ribuan Bibit Pohon

PELESTARIAN ALAM: Patriot desa menanam ribuan bibit pohon yang disebar di wilayah Indramayu Barat, kemarin.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Patriot Desa melakukan gerakan peduli lingkungan dengan menanam ribuan bibit pohon di wilayah Kabupaten Indramayu.

Menggandeng BPDASHL Cimanuk Citanduy Kabupaten Majalengka, penanaman pohon dilakukan di sejumlah wilayah, yakni Kecamatan Kroya, Bongas dan Kandanghaur.

Koordinator Wilayah Barat Patriot Desa Kabupaten Indramayu Ulya mengatakan, dengan dilaksanakannya penanaman bibit pohon dalam jumlah besar ini diharapkan mampu mengurangi polusi udara, terutama dari hasil pembakaran jerami padi ketika musim panen.

“Konservasi dari sisi udara, pohon dapat menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen. Keberadaannya mengurangi efek pemanasan global dan perubahan iklim,” kata Ulya kepada Radar Cirebon, kemarin.

BACA JUGA:Akhirnya Tiga Pasangan Capres-Cawapres Memiliki Nomor Urut untuk Pilpres 2024

BACA JUGA:Mantap! Dana Rp2,1 Miliar untuk Puluhan Pokdakan

Disampaikan Ulya, penanaman bibit pohon dapat berkolerasi pada sisi konservasi air, artinya bisa meningkatkan ketersediaan debit sumber mata air dan sungai.

“Dengan penanaman pohon-pohon tertentu dapat menjadi penyelamat mata air. Dari sisi konservasi lahan, mampu meminimalisir bencana alam karena erosi,” tuturnya.

Sementara itu, Patriot Desa Jayamulya Mustopa mengungkapkan, gerakan penanaman bibit pohon ini sebagai gerakan tanam kebaikan. Menurutnya, penanaman pohon sebagai bukti kepedulian cinta dari manusia terhadap bumi yang dipijak dan lingkungan hidup di sekitarnya.

“Dari masa ke masa, gerakan penanaman pohon harus terus dipicu, dipacu dan didongkrak,” kata Mustofa.

BACA JUGA:Penentuan Besaran UMK Masih Mengacu Survei dari Luar Kota

BACA JUGA:Kertajati akan Jadi Embarkasi Haji 2024, Pemerintah Usulkan BPIH Rp105 Juta Per Jamaah

Dia juga mengajak para pemuda dan masyarakat di Kabupaten Indramayu untuk turut serta berpartisipasi menaman pohon dengan penuh kesadaran dan ketulus ikhlasan. Apalagi kelestarian lingkungan hidup menjadi tanggung jawab semua pihak.

“Sebab tanam hari ini belum tentu kita yang yang akan memanennya, tetapi menjadi warisan kepada anak cucu generasi penerus nanti. Penanaman pohon ini ikhtiar bersama agar masyarakat mempunyai karakter peduli terhadap alam sebagaimana visi Patriot Desa yaitu peduli lingkungan,” tandasnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: