Perkuat Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024, Bawaslu Bentuk Forum Warga

Perkuat Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024, Bawaslu Bentuk Forum Warga

Koordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Indramayu, Supriadi SHI.-KHOLIL IBRAHIM-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Indramayu melaunching rintisan Forum Warga Pengawasan Pemilu 2024, Senin (25/9).

Acara launching dilaksanakan secara virtual via zoom meting diikuti oleh Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) se-Bumi Wiralodra. Selain itu, sebanyak 40 orang perwakilan elemen masyarakat juga diikutsertakan sebagai peserta.

Tampil sebagai narasumber, Koordiv Pencegahan dan Parmas Bawaslu Jawa Barat, Hj Nuryamah SEI, MH dan Koordiv Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Indramayu, Supriadi SHI.

“Forum Warga ini merupakan salah satu upaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan pemilu. Harapannya semakin tumbuh kesadaran partisipasi masyarakat terhadap proses politik yang berkualitas,” jelas Supriadi.

BACA JUGA:Global Factory Yamaha Indonesia Dipilih Jadi Basis Produksi MT-07

BACA JUGA:Ratusan Biker Maxi Yamaha Nikmati Eksotisme Sunset di Pantai Bali Utara

Bawaslu Kabupaten Indramayu, lanjut dia, terus mendorong pengawasan partisipatif berbasis masyarakat sipil. Menggandeng berbagai elemen. Baik dari kelompok petani, pedagang, ibu-ibu jamiyah pengajian serta komunitas lainnya.

Sehingga penyelenggaraan Pemilu Serentak 2024 yang demokratis serta berkualitas apabila mendapat pengawasan serta dukungan dari warga negara itu sendiri.

Namun demikian, pelibatan masyarakat dalam pengawasan Pemilu tetap harus terlebih dahulu melalui proses sosialisasi dan transfer pengetahuan serta keterampilan pengawasan Pemilu.

“Karena itu dalam launching rintisan Forum Warga ini kita memberikan sosialisasi, arahan, teknis dan sebagainya kepada seluruh Panwascam dan PKD,” ujarnya.

BACA JUGA:Ini Syarat Untuk Bisa Mencairkan Simpanan Bagi Nasabah BPR KR Indramayu

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-24 Sedang Beruntung, Kalah dari Korut Tapi Lolos ke 16 Besar, Kok Bisa?

Bawaslu Indramayu menargetkan, di setiap kecamatan terbentuk minimal satu Forum Warga Pengawasan Pemilu. Masyarakat yang tergabung dalam forum tersebut akan menjadi mitra langsung dari Bawaslu untuk diberikan penguatan dan sharing informasi terkait pelaksanaan tahapan Pemilu.

“Dibentuknya Forum Warga ini masyarakat memiliki wadah dan bisa mengambil bagian dalam pengawasan terhadap penyelenggaraan Pemilu 2024. Semakin memperkuat dan mempererat partisipasi masyarakat dalam mengawasi Pemilu, khususnya dengan menolak politik uang,” tandasnya. (kho)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: