Kolaborasi Pelatihan Literasi Digital untuk Aparatur Desa

Kolaborasi Pelatihan Literasi  Digital untuk Aparatur Desa

LITERASI DIGITAL: DPMD Kabupaten Indramayu menggelar pelatihan literasi digital yang diikuti aparatur desa yang digagas sebagai smart village, belum lama ini.-Anang Syahroni-RADAR INDRAMAYU

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Indramayu bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta serta University Technology MARA Malaysia mengadakan pelatihan bagi aparatur desa se-Kabupaten Indramayu.

Bertempat di Aula Bappeda-Litbang Kabupaten Indramayu, pelatihanyang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran literasi digital dan kemanan informasi itu, diikuti oleh 20 peserta dari perwakilan desa yang digagas sebagai smart village.

Kabid Penataan dan Kerjasama Desa, Kadmidi mengatakan, kegiatan kolaborasi tersebut sangat bermanfaat, khusunya untuk aparatur desa yang merupakan garda depan dalam pembangunan pemerintah yang cerdas. Menurutnya, kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat termasuk juga dengan literasi digital.

“Saat ini kita harus mengelola penyelenggaraan pemerintahan di kabupaten Indramayu harus berbasis digital untuk mewujudkan smart goverenment,” ucapnya.

Kadmidi menambahkan, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendukung perwujudan desa cerdas yang sesuai dengan program unggulan Bupati Indramayu.

Hal itu, sambungnya, sesuai dengan amanat Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar, dimana pengembangan desa cerdas (smart village) dilakukan untuk mempercepat pembentukan desa mandiri.

“Untuk mempercepat smart village, Bupati Indramayu Nina Agustina mencetuskan program unggulannya yaitu Lebu Digital sehingga ini saling berkaitan,” tuturnya.

Sementara itu, Dekan FIK UPNVJ, Dr Ermatita menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Pemkab Indramayu atas terlaksananya kegiatan literasi digital.

Dikatakannya, tujuan kegiatan ini dalam rangka meningkatkan peran penelitian dan pengabdian masyarakat Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta di Kabupaten Indramayu.

“Kegiatan ini merupakan salah satu pengabdian dari UPN Veteran Jakarta kepada masyarakat di Kabupaten Indramayu,” ujarnya. (oni)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: