Industri Kerupuk Khas Indramayu Terus Menggeliat

Industri Kerupuk Khas Indramayu Terus Menggeliat

Sejumlah pekerja di sentra industri kerupuk Indramayu, Jawa Barat, tengah melakukan aktivitas penjemuran kerupuk, Minggu 7 Mei 2023-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID   Salah satu UMKM yang cukup berkembang di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat adalah industri kerupuk.  Industri kerupuk Indramayu  sudah dikenal sejak dulu, yang berpusat di Blok Dukuh Desa Kenanga Kecamatan Sindang.

Puluhan pengusaha kerupuk ada di desa ini, dan mampu mempekerjakan ratusan pekerja lokal. Setelahsempat terganggu pandemi, industri kerupuk Indramayu saat ini kembali menggeliat.

Seperti yang terlihat Selasa, Minggu7  Mei 2023, sejumlah pekerja tengah menjemur kerupuk di halaman pabrik kerupuk. Ratusan nampan  (tampah) yang berisi kerupuk, berjajar rapi menanti sinar matahari.

Penjemuran kerupuk biasanya dilakukan mulai pukul 8.00 pagi hingga menjelang sore, sekitar pukul 15.00. Namun ketika tiba-tiba hujan, tentunya para pekerja akan sibuk mengangkat jemuran kerupuk tersebut.

BACA JUGA:PPKIB dan 7 CDPOB se-Jabar Bakal Gelar Unras, Tuntut Moratorium Pemekaran Dicabut

BACA JUGA:Harbelnas, PLN Beri Promo Voucher Tambah Daya Listrik, Cuma Rp250 Ribu

Penjemuran kerupuk ini merupakan aktifitas rutin, bagian dari proses produksi kerupuk. Kerupuk yang telah dijemur dan kering, selanjutnya akan dikemas sebelum akhirnya siap dipasarkan.

Industri kerupuk Indramayu memang terus berkembang. Kalau sebelumnya kita hanya mengenal jenis kerupuk udang dan kerupuk ikan. Saat ini sudah muncul varian kerupuk lainnya. Ada kerupuk jengkol, kerupuk bawang dan yang lainnya.

Salah seorang pengusaha kerupuk, H Toyib mengungkapkan,  industri kerupuk di Indramayu memang terus berkembang. Saat ini di Desa Kenanga Blok Dukuh ada puluhan UMKM yang bergerak di bidang industri kerupuk.

H Toyib menjelaskan,  produksi kerupuk di tempatnya dalam sehari bisa mencapai 1 hingga 2 ton tergantung pesanan. Sementara jenis kerupuk yang diproduksi juga bermacam-macam. Ada kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk jengkol, kerupuk bawang dan lain-lain.

BACA JUGA:ASYIK! Diskon Tiket Hingga 20 Persen di Bulan Mei, KAI Hadirkan Promo Ameizing Trip

BACA JUGA:Gara-gara Regulator Gas Tabung Kurang Pas Masangnya, Rumah Nenek Siri di Dukupuntang Terbakar

Menyinggung tentang pemasaran produk kerupuk itu sendiri, H Toyib mengatakan bahwa kerupuk produksinya sudah dijual ke berbagai daerah di Indonesia.

Pengusaha kerupuk lainnya, H Kasan Basari, bahkan mengaku sudah melakukan penjajagan untuk pengiriman kerupuk Indramayu ke Arab Saudi. Menurutnya, hal tersebut sudah diawali dengan ikut sertanya produk kerupuk asal Indramayu dalam pameran di Atab Saudi beberapa waktu lalu.

 BACA JUGA:Jumat Curhat Sat Binmas Polres Indramayu Imbau Petani Tak Bakar Jerami

BACA JUGA:Ini 5 Cara Mengatasi Orang Susah Tidur, Tanpa Obat-obatan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: