Saat Puasa Tenggorokan Kering dan Gatal, Gunakan Cara ini untuk Mengatasinya

Saat Puasa Tenggorokan Kering dan Gatal, Gunakan Cara ini untuk Mengatasinya

ilustrasi--

JAKARTA, RADARINDRAMAYU.ID - Saat puasa bahwa imunitas tubuh akan mengalami penurunan, sehingga tubuh lebih mudah terinveksi virus dan bakteri yang menyebabkan berbagai penyakit dan salah satunya adalah radang tenggorokan.


Radang tenggorokan bukan masalah serius yang perlu dikhawatirkan, karena ia bisa membaik dalam waktu 4 sampai 7 hari.

Nah bagaimana cara mengatasi agar puasa tetap lancar meski mengalami sakit tenggorokan.

Yuk simak beberapa tips yang kami lansir dari halodoc.com.

1. Gunakan masker dan jangan terlalu banyak bicara.
Ketika puasa kamu jangan banyak bicara karena akan mudah haus, tentunya tenggorokan akan terasa kering, terlebih kamu tidak minum lebih dari 13 jam. sebaiknya kurangi bicara ketika sedang radang tenggorokan dan puasa.

BACA JUGA:Hari Ini 5 April 2023, Bansos Pangan untuk 13 Juta KPM Mulai Didistribusikan PT Pos Indonesia

BACA JUGA:Merasa Tidak Wajar Dicopot Ketua KPK, Brigjen Endar Melapor ke Dewan Pengawas

karena apa? debu dan kotoran membawa masuk kuman penyebab penyakit yang tentu dapat membuat sakit tenggorokan. untuk itu hindari dengan cara menggunakan masker selama beraktivitas di luar ruangan.

2. Kumur dengan Larutan Air Garam
Dipercaya apa tidak bahwa larutan air garam atau saline mampu mengurangi peradangan yang terjadi di tenggorokan. Akan tetapi kamu bisa memanfaatkam berkumur dengan air garam kala berbuka puasa, selepas, makan sahur, dan sebelum tidur. Tak hanya itu, jangan menelan air garam, cukup berkumur hingga saline terasa menyentuh tenggorokan.

3. Hindari diruangan dengan udara kering
Dengan cuaca panas dan kering akan membuat tubuh lebih sedikit memprocduksi saliva atau ludah. Kamu bisa mengatasi dengan memasang humidifier atau pelembab dan apa bila diruangan ber AC, pastikan suhunya tidak terlalu dingin dan angginnya tidak langsung berembus di tubuh.

4. Istirahat
Berpuasa ketika sedang sakit tenggorokan membuat kamu selalu ingin beristirahat. Tidak hanya untuk mengurangi aktivitas, istirahat juga dibutuhkan agar tubuh mampu melawan segala infeksi. Meski puasa membuat jam istirahat kamu berubah, pastikan kamu tetap tidur malam minimal 7 jam.

BACA JUGA:Gelar Warteg Gratis untuk Duafa, Alfamart dan Heinz ABC Bagikan 20.000 Paket Buka Puasa

BACA JUGA:Hadapi Mudik Lebaran, BSI Siapkan Uang Tunai Rp 37,6 Triliun

5. Konsumsi makanan dan minuman hangat
Makanan dan minuman yang berkuah dan hangat dipercaya mampu membantu melegakan tenggorokan dan mengurangi rasa nyeri karena sakit tenggorokan yang kamu alami. Ini merupakan obat tenggorokan alami yang masih saja dipercaya hingga kini. Kapan saja kamu mengalami sakit di tenggorokan, hindari konsumsi makanan atau minuman dingin ketika berbuka puasa. Lalu, sebisa mungkin pilih makanan untuk sahur dan berbuka yang mudah ditelan untuk membuat tenggorokan tidak bekerja terlalu keras.

BACA JUGA:123 Juta Orang Bakal Lakukan Perjalanan Selama Lebaran Tahun 2023

BACA JUGA:Pelayanan SIM Keliling Polres Indramayu, Setiap Rabu di Polsek Jatibarang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: