123 Juta Orang Bakal Lakukan Perjalanan Selama Lebaran Tahun 2023

123 Juta Orang Bakal Lakukan Perjalanan Selama Lebaran Tahun 2023

Kasubdit Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Rudi Irawan, saat memaparkan persiapan Angkutan Lebaran 2023, di Kantor Astra Infra Subang, Selasa 4 April 2023-utoyo prie achdi-

INDRAMAYU, RADARINDRAMAYU.ID -  Sebanyak 123,8 juta orang diprediksi akan melakukan perjalanan selama lebaran 1444 H atau tahun 2023 ini. Jumlah tersebut mengalami kenaikan sebesar 45,8% dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal tersebut disampaikan Kasubdit Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Ditjen Perhubungan Darat Kemenhub RI, Rudi Irawan, saat memaparkan persiapan Angkutan Lebaran 2023, di Kantor Astra Infra Subang, Selasa 4 April 2023.

Rudi mengungkapkan, jumlah tersebut berdasarkan hasil survei yang dilakukan, dimana pada tahun 2022 lalu jumlah orang yang melakukan perjalanan selama lebaran hanya 85 juta orang.

Kenaikan tersebut diprediksi karena pandemi Covid-19 telah berlalu, sementara dua tahun sebelumnya masih banyak yang tidak mudik akibat masih ada aturan ketat dari pemerintah.

BACA JUGA:14 Titik Jalur Kereta Api Rawan Banjir dan Amblas. PT KAI Daop 3 Cirebon Lakukan Antisipasi

BACA JUGA:ASTRA Infra Gelar Kampanye Lebaran Semakin Berseri, Ajak Pemudik Persiapkan Mudik dengan Bijak

Sementara itu berdasarkan hasil survei, daerah asal pemudik sebagian besar dari Jawa Timur. Sementara daerah tujuan mudik terbanyak adalah Jawa Tengah.

Rudi juga mengungkapkan tentang moda transportasi yang digunakan pemudik. Ternyata sebagian besar menggunakan mobil pribadi (27,32 juta), kemudian sepeda motor (25,13 juta), bus (22,7 juta), kereta api (14,47 juta) dan mobil sewa (9,53 juta).

Adapun jalur mudik yang paling disukai pemudik adalah Tol Trans Jawa. Jalur ini diprediksi akan padat selama masa lebaran. Kemudian jalur alternatif lainnya, tol Cipularang, Jalur Lintas Tengah Jawa, dan jalur jalan arteri lainnya.

“Puncak arus mudik tahun 2023  ini diprediksi akan terjadi pada H-1 atau Jum’at 21 April 2023. Sedangkan puncak arus balik diperkirakan hari Selasa 25 April 2023,” kata Rudi.

 BACA JUGA:Pelayanan SIM Keliling Polres Indramayu, Setiap Rabu di Polsek Jatibarang

BACA JUGA:Jelang Arus Mudik, Pertamina Jamin Kebutuhan Energi Masyarakat

Sementara Group COO ASTRA Infra, Kris Ade Sudiyono menyampaikan, ASTRA Infra telah mempersiapkan layanan mudik dan mengajak masyarakat agar dapat merencanakan perjalanan mudik dengan bijak.

“Pada momen Lebaran Semakin Berseri ini, selain mempersiapkan konektivitas infrastruktur yang lebih baik dan inovasi teknologi, kami juga ingin mengajak masyarakat untuk merencanakan dan mempersiapkan perjalanan mudik dengan bijak, menghindari puncak arus mudik dan balik,” ujar Kris.

Mendukung layanan infastruktur konektivitas dalam mengantisipasi adanya lonjakan arus mudik Lebaran 2023, ASTRA Infra melalui 8 Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) memastikan setiap ruas jalan tol yang dikelola dalam kondisi baik, termasuk kondisi jalan dan kualitas marka jalan.

Di ruas tol Tangerang-Merak dilakukan penambahan lajur ke-3 ruas Cikande – Serang Timur dari KM 51 hingga KM 72, alih fungsi gerbang tol Gerbang Tol Balaraja Timur Lama yang tidak berfungsi menjadi parking bay di KM 36, serta penambahan kapasitas parkir di Rest Area KM 43 dan KM 68 arah Merak yang akan digunakan sebagai area rekayasa lalu lintas untuk menghindari kepadatan di Pelabuhan Merak.

Sedangkan di ruas Tol Cikopo – Palimanan dilakukan pelebaran lajur ke-3 dari KM 72 hingga KM 85, Rest Area KM 86, KM 101, KM 102, dan KM 130 arah Jakarta dan Cirebon serta penambahan kapasitas area parkir di Rest Area KM 130 A dan B, KM 86 A dan B.(oet)

BACA JUGA:Gara-gara Diancam dan Diajak Gulat, Dirops BPR Bambang Laporkan Debitur ke Kejari

BACA JUGA:Sekda Bacakan Jawaban Bupati Atas Pemandangan Umum Fraksi-fraksi, Hanya 26 Anggota DPRD Hadir

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: